Kapal China Berkali-kali Muncul di Perairan RI, Roy Suryo: Apa yang Salah dengan Keamanan Negara?

Artikel Terbaru Lainnya :

Kapal China Berkali-kali Muncul di Perairan RI, Roy Suryo: Apa yang Salah dengan Keamanan Negara? 

KONTENISLAM.COM - Pakar Telematika, Roy Suryo mempertanyakan kapal-kapal China yang kerap ‘muncul’ di perairan Indonesia.

Sebelumnya, kanal Yotube resmi KOARMADA 1 merilis sebuah video monitoring dua kapal riset China yang melintas di Selat Sunda pada 2 hingga 3 April 2021.

Dalam video tersebut, kapal Da Yang Hao terdeteksi pada 2 April 2021 pukul 11.23 WIB di Vessel Traffic Service (VTS) Merak.

Tidak hanya di VTS Merak, kapal Da Yang Hao juga terdeteksi di Posal Sangiang Banten pada waktu yang sama.

Kemudian kapal Yuan Wang-6 terdeteksi di Posal Sangiang Banten pada 3 April 2021 pukul 19.25 WIB.

Melihat kemunculan dua kapal China tersebut, Roy Suryo pun mempertanyakan kejadian yang tidak hanya terjadi sekali tersebut.

Hal itu disampaikan melalui unggahan di akun media sosial pribadinya pada Jumat, 16 April 2021 pagi.

Sambil mengunggah ulang video monitoring Koarmada 1 tersebut, Roy Suryo mengungkapkan kebingungannya terkait peristiwa yang kerap terjadi itu.

Menurutnya, jika hal itu hanya sekali hingga dua kali terjadi masih bisa disebut sebagai ‘kecolongan’ dan ‘kebobolan’.

Tetapi jika sudah berkali-kali, maka kemunculan kapal-kapal China di perairan Indonesia tentu tidak bisa disebut ‘kecolongan’ lagi.

“Terjadi dan terjadi lagi. Kalau cuman sekali, boleh lah disebut ‘kecolongan’, kedua kali ‘kebobolan’. Namun jika sudah berkali-kali begini, pantasnya disebut apa?” kicau Roy Suryo, dikutip dari akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

Menyoroti situasi tersebut, dia pun mempertanyakan apa yang terjadi dengan pihak yang bertanggung jawab terhadap keamanan negara.

“Apa ada yang salah dengan penanggungjawab keamanan negara? Kenapa selalu saja terjadi hal yang sama? (tanda tanya besar),” kicau Roy Suryo.[pikiran-rakyat]



source https://www.kontenislam.com/2021/04/kapal-china-berkali-kali-muncul-di.html
Back to Top