Semerbak Aroma Pilpres Kala Khofifah Reuni dengan Anies

Artikel Terbaru Lainnya :

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: dok Pemprov Jatim) 

KONTENISLAM.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan reuni bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Aroma Pilpres pun semerbak mengiringi pertemuan keduanya.

Anies dan Khofifah bertemu di Madiun, Jawa Timur, Minggu (25/4). Keduanya bahkan semobil bersama saat menuju Ngawi. Anies dan Khofifah juga ditemani Wali Kota Madiun Maidi dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono yang diusung Partai Demokrat.

Pertemuan eks menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu lantas menyita perhatian. Sebab, keduanya digadang-gadang sebagai calon presiden (capres) potensial di Pilpres 2024 mendatang.
 
Beragam spekulasi kemudian muncul. Salah satunya, pertemuan Anies dan Khofifah itu dianggap sebagai bentuk penjajakan untuk mencari pasangan di Pilpres mendatang.

"Kandidat-kandidat kepala daerah yang populer sekarang sedang menjajaki kemungkinan untuk bertemu mencari chemistry, karena mereka sadar beberapa di antaranya itu tidak punya, bukan kader politik tertentu. Anies, RK, Khofifah itu kan secara formal bukan kader partai. Jadi mereka bertemu mencari kemungkinan-kemungkinan. Kemungkinan itu bisa untuk mendekati parpol atau kemungkinan untuk bekerja sama dalam pemerintahan," papar Ketua Departemen Politik dan Perubahan sosial CSIS Arya Fernandes kepada wartawan.

Pertemuan mantan juru bicara tim kampanye Jokowi saat Pilpres 2014 lalu itu juga dianggap sebuah sinyal untuk partai politik. Sinyal bahwa Anies dan Khofifah siap berkomunikasi untuk berkoalisi.

"Saya kira sinyal yang diberikan ke publik adalah ini kepala daerah dari provinsi besar, mereka terbuka untuk berkomunikasi. Itu indikasi awal bahwa mereka terbuka untuk opsi-opsi politik. Terbuka terhadap opsi-opsi politik dan mengirim sinyal ke partai kalau mereka bisa bekerja sama gitu," tutur Arya.

Arya pun menilai pertemuan dua pimpinan daerah itu jalan bagus untuk pemanasan jelang Pilpres 2024. Selain itu, menurutnya, pertemuan itu juga bagus untuk mendalami kecocokan di antara Anies dan Khofifah.

"Pertemuan-pertemuan ini bagus sebagai pemanasan jelang pilpres. Untuk mencari chemistry antara pihak-pihak ini. Nah tapi memang yang terakhir tantangannya cukup berat. Karena mereka bukan kader parpol. Bisa saja parpol memblok atau menutup pintu untuk kader ini," papar dia.

Sementara, Pakar politik dari Paramadina, Hendri Satrio menilai, pertemuan Anies dengan Khofifah memang tak bisa lepas dari aroma-aroma politik. Mengingat keduanya merupakan kandidat potensial.

Terlebih, menurut Hendri, safari politik ini bukanlah yang kali pertama. Dia mengatakan, baik Anies maupun Khofifah sebelumnya juga melakukan pertemuan dengan kepala daerah lainnya. Karena itu, menurutnya, safari ini bisa dianggap sebagai bentuk penjajakan sebelum Pilpres.

"Mungkin ada makna-makna lain di sana. Karena kan keduanya calon presiden potensial, bahkan versi Kedai Kopi pun menyatakan demikian," kata Hendri kepada wartawan.
 
Anies dan Khofifah Bantah Pertemuan terkait Pilpres

Meski dianggap berbau politik, Anies dan Khofifah menegaskan pertemuannya tak lebih dari urusan pemerintahan daerah semata. Keduanya membantah pertemuan di Jawa Timur ini dalam rangka penjajakan untuk Pilpres 2024.

Khofifah mengatakan, pertemuannya dengan Anies demi kerja sama antara Pemprov Jatim dan Pemprov DKI Jakarta.

Dia mengatakan selama ini, memiliki komunikasi yang baik dengan Anies, termasuk untuk urusan pemerintahan. Sebab, dia dan Anies sudah memiliki pengalaman dalam bekerja bersama jauh sebelumnya.

"Dulu lho kita sama-sama jubir (juru bicara tim kampanye Jokowi-JK di Pilpres 2014)," ujar Khofifah sembari tertawa, Minggu (25/4).

Hal senada juga disampaikan Anies. Dia menegaskan, pertemuan dirinya dengan Khofifah membahas kebutuhan pangan. Dia membantah kunjungannya itu terkait penjajakan untuk Pilpres 2024.

"Kita ini lho (membahas) soal tahapan, perpanjang (kerja sama soal support beras)," ujar Anies.[detik]



from Konten Islam https://ift.tt/3vhHC8J
via IFTTT
Back to Top