4 Hadits Tentang Palestina di Akhir Zaman, Jadi Tempat Terbaik

Artikel Terbaru Lainnya :

 Beberapa hadits dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menggambarkan tentang di , dan jadi tempat terbaik. Meskipun gemburan dan serangan sampai saat ini terus dilakukan zionis Israel, ada jaminan bahwa akan ada pejuang yang membela Palestina.



Palestina yang juga disebutkan sebagai negeri Syam oleh Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, akan menjadi tempat tegaknya khilafah. Dan menjadi tempat terbaik bagi umat islam, di aman ini adalah salah satu tempat untuk hijrah di akhir zaman setelah hijrah yang dilakukan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Setidaknya ada 4 hadits tentang Palestina di akhir zaman yang shahih, dan dapat dipertanggung-jawabkan. Dikutip Sahijab dari laman Hidayatullah, berikut penjelasan dan seperti apa keadaan di Palestina mendekati akhir zaman.

4 Hadits Tentang Palestina di Akhir Zaman

1. Palestina jadi tempat terbaik sampai akhir zaman

Mu'awiyah bin Abi Sufyan berkata, "Saya mendengar Rasulullah bersabda: "Akan senantiasa ada sekelompok umatku yang menegakkan agama Allah, orang-orang yang memusuhi mereka maupun tidak mau mendukung mereka sama sekali tidak akan mampu menimpakan bahaya terhadap mereka. Demikianlah keadaannya sampai akhirnya datang urusan Allah." Malik bin Yakhamir menyahut: "Mu'adz bin Jabal mengatakan bahwa mereka berada di Syam." Mu'awiyah berkata, "Lihatlah, ini Malik menyebutkan bahwa ia telah mendengar Mu'adz bin Jabal mengatakan bahwa kelompok tersebut berada di Syam." (HR. Bukhari: Kitabul Manaqib no. 3369 dan Muslim: dalam Kitabul Imarah no. 3548).

Mengenai negeri Syam di dalam hadits di atas adalah adalah Palestina. Hal itu sebagaimana yang disebutkan dari Abu Umamah, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Akan senantiasa ada sekelompok umatku yang berada di atas kebenaran, mengalahkan musuh-musuhnya, dan orang-orang yang memusuhi mereka tidak akan mampu menimpakan bahaya terhadap mereka kecuali sedikit musibah semata. Demikianlah keadaannya sampai akhirnya datang urusan Allah." "Wahai Rasulullah, di manakah kelompok tersebut?" tanya para sahabat. "Mereka berada di Baitul Maqdis dan serambi Baitul Maqdis."

Dalam hadits di atas menjelaskan, jika Baitul Maqdis dan serambinya tidak akan pernah lepas dari peperangan. Namun bagi penduduk Palestina, itu hanya ujian atau musibah yang sangat kecil.

Ini menandakan, sehebat apapun zionis menggempur Palestina, tidak akan menyurutkan hati mereka dalam membela Islam. Dan Palestina tidak akan hilang dan lenyap, karena ada jaminan dari Allah Azza wa Jalla.

Jihad yang dilakukan penduduk Palestina akan terus berlangsung, hingga Dajjal datang dan kaum muslimim bersama Nabi Isa 'alaihis salam berhasil mengalahkannya.

2. Palestina tempat hijrah di akhir zaman

Di dalam hadits yang lain disebutkan, jika Palestina adalah tempat terbaik untuk hijrah di akhir zaman. Dari Abdullah bin Amru bin Ash berkata: Saya mendengar Rasulullah bersabda: "Akan terjadi hijrah sesudah hijrah, maka sebaik-baik penduduk bumi adalah orang-orang yang mendiami tempat hijrah Ibrahim, lalu yang tersisa di muka bumi hanyalah orang-orang yang jahat. Bumi menolak mereka, Allah menganggap mereka kotor, dan api akan menggiring mereka bersama para kera dan babi." (HR. Abu Daud. Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah nomor 3202)

3. Palestina tempat khilafah akhir zaman tegak

Dalam hadits lain disebutkan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan jika Khilafah akhir zaman akan tegak di Palestina. Abdullah bin Hawalah Al-Azdi berkata, "Wahai Ibnu Hawalah, jika engkau melihat kekhilafahan telah turun di bumi Al-Maqdis (Baitul Maqdis, Palestina), maka itu pertanda telah dekatnya berbagai goncangan, kegundah-gulanaan, dan peristiwa-peristiwa besar. Bagi umat manusia, kiamat lebih dekat kepada mereka daripada dekatnya telapak tanganku kepada kepalamu ini." (HR: Abu Daud no. 2535)

4. Asqolan, wilayah terbaik di Palestina

Selain Baitul Maqdis dan serambinya, ada juga tempat terbaik lain di Palestina yaitu Asqolan meskipun diduduki Israel. Dari Ibnu Abbas bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Permulaan dari perkara Islam ini adalah kenabian dan rahmat. Kemudian tegaknya khilafah dan rahmat. Kemudian berdiri kerajaan dan rahmat. Kemudian berlaku pemerintahan (kerajaan kcil-kecil) dan rahmat. Kemudian orang-orang memperebutkan kekuasaan seperti kuda-kuda yang berebut makanan. Maka (pada saat seperti itu), hendaklah kalian berjihad. Sesungguhnya jihad yang paling utama adalah ribath, dan sebaik-baik ribath kalian adalah di Asqolan." (HR. Thabrani).

Baca Juga: Lirik Lagu Atuna Tufuli, Kesedihan Anak-anak Palestina

Itulah empat hadits tentang Palestina di akhir zaman, dan meskipun dalam gempuran Israel, pejuang Islam akan ada.

Artikel Asli

Back to Top