Bernie Sanders Berjuang Habis-habisan Blokir Kesepakatan Penjualan Senjata AS Ke Israel

Artikel Terbaru Lainnya :

 

KONTENISLAM.COM - Senator Amerika Serikat (AS) asal Partai Demokrat, Bernie Sanders tengah berjuang habis-habisan untuk menghentikan kesepakatan penjualan senjata ke Israel bernilai 735 juta dolar AS atau setara dengan Rp 10,5 triliun (Rp 14.300/dolar AS).
 
Senator asal Vermont tersebut telah meluncurkan resolusi untuk menghentikan pejualan senjata Joint Direct Attack Munitions (JDAM) dari AS ke Israel di tengah ketegangan dengan Palestina. Namun resolusi tersebut tampaknya akan gagal karena dukungan yang kurang.

Sanders memerkenalkan resolusi tersebut pada Kamis (20/5). Ia juga mendukung resolusi serupa yang telah diperkenalkan oleh anggota parlemen Alexandria Ocasio-Cortez, Mark Pocan, dan Rashida Tlaib dari Demokrat di DPR pada Rabu (19/5).

Tetapi dikutip The Hill, mantan calon presiden tersebut tampaknya tidak memiliki suara yang cukup, yaitu 51 suara untuk menentang kesepakatan tersebut di Kongres.

Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Bob Menendez mengatakan, ia tidak akan mendukung resolusi Sanders karena menyakini bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden dapat menanganinya dengan benar.
 
Di sisi Republik, Sanders juga berjuang untuk mendapatkan dukungan. Namun banyak yang menganggap serangan Israel ke Palestina merupakan bentuk pertahanan diri.

"Saya telah menentang di masa lalu untuk penjualan senjata kepada orang-orang yang menurut saya bertindak dengan cara yang tidak demokratis, cara tirani. Saya pikir apa yang saya lihat Israel lakukan adalah bertindak untuk membela diri," ujar senator Republik, Rand Paul. [rmol]



from Konten Islam https://ift.tt/3hMO7wX
via IFTTT
Back to Top