CEK FAKTA: Viral Video Jokowi Pulang Kampung saat Mudik Lebaran Dilarang

Artikel Terbaru Lainnya :

CEK FAKTA: Viral Video Jokowi Pulang Kampung saat Mudik Lebaran Dilarang 

KONTENISLAM.COM - Beredar di media sosial, sebuah video yang diklaim merekam momen Presiden Jokowi pulang kampung saat larangan mudik lebaran diberlakukan.

Video 'Jokowi mudik' tersebut beredar di berbagai platform media sosial. Di Twitter, rekaman itu dibagikan oleh akun Twitter @FKadrun pada Sabtu (8/5/2021).

Dalam video itu, terlihat aparat kepolisian tengah mengawal sebuah kendaraan yang ditumpangi oleh Presiden Jokowi. Saat kendaraan tersebut melintas, sejumlah pengendara jalan lain tampak berhenti sejenak.

Sementara itu, terdengar pula dalam video suara teriakan seorang pria menyebut kendaraan sebagaimana melintas diisi oleh Jokowi.

Pria tersebut dengan lantang mengatakan, RI-1 atau Jokowi pulang kampung.

"Ini letter B, kalau ini pulang atau mudik ni? Kek begini ni. Wey, pulang apa mudik itu? Sudah buka wilayah, pulang kampung, RI-1 pulang kampung tuh, RI-1 pulang kampung woi," katanya tegas.

Narasi yang beredar:

"Apa iya Jokowi pulang kampung??? Berarti... Yg mudik... (mau bilang serbu, ngga berani..)".

Lalu benarkah klaim itu?
 
PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Tim CekFakta Suara.com, video viral Jokowi pulang kampung saat mudik dilarang tersebut salah.

Faktanya, video itu merekam rombongan pengawal dan pengamanan khusus rombongan kerja Jokowi, bukan dalam rangka mudik lebaran sebagaimana di klaim.

Mengutip Antara, kunjungan kerja tersebut dilakukan Jokowi pada Kamis (6/5/2021) pekan lalu. Dia menuju ke Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja selama satu hari.

Jokowi tiba di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, lalu menuju Pusat Pemasaran dan Disribusi Ikan (PPDI) Brondong di Lamongan. Setelahnya dia melihat pabrik pengolahan makanan laut yang ekspor hasil olahan ke mancanegara di PT Bumi Menara Internusa (BMI).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebutkan bahwa produk hasil perikanan Indonesia masih memiliki peluang yang menjanjikan untuk dijual ke pasar dunia.

"Saya kira proses produksi yang kita lihat di PT BMI menjadi inspirasi bahwa sebetulnya peluang produk perikanan kita untuk pasar dunia masih menjanjikan. Pasarnya terbuka lebar," katanya.

Selain Lamongan, rombongan Jokowi juga menuju fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di TPA Benowo, Surabaya. Pada sore setelah semua selesai, mereka langsung bertolak kembali ke Jakarta.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, disimpulkan bahwa klaim video Jokowi pulang kampung saat mudik dilarang tersebut salah.

Unggahan itu masuk dalam kategori keterkaitan yang salah.[suara]



from Konten Islam https://ift.tt/3ew3xDO
via IFTTT
Back to Top