Fakta Bendar, Desa Nelayan Terkaya dengan Rumah Super Mewah yang Sedang Viral

Artikel Terbaru Lainnya :

 Desa biasanya identik dengan orang-orang yang ramah, rumah-rumah kecil, dan juga kehidupan yang sederhana. Tapi hal yang berbeda tampak dari sebuah video Tiktok yang belakangan viral dan diperbincangkan. Dalam video tersebut, diperlihatkan kehidupan desa yang mewah dengan rumah-rumah besar berjajar.

Ternyata video ini diambil di Bendar, Juwana, Pati, Jawa Tengah. Desa Bendar ini dikenal sebagai desa nelayan karena hampir semua warga di sana berprofesi sebagai nelayan. Yang istimewa, meski ‘hanya’ sebagai nelayan, tapi rumah-rumah di desa ini besar dan megah dengan desain modern. Jika ingin tahu lebih lanjut, baca fakta-fakta yang berhasil dikumpulkan dan rangkum untukmu di bawah ini.



Ini dia video Tiktok viral tentang desa Bendar

Sebuah video diunggah oleh akun @elizasifaa pada Senin, 24 Mei 2021 lalu. Video tersebut diawali dengan narasi “Desa nelayan terkaya di Indonesia.” Ia menceritakan ketika baru masuk di desa ini langsung disambut oleh rumah-rumah gedong (besar dan mewah). Ia juga menyebut kalau di desa ini sebagian besar adalah nelayan, yang meski begitu, rumah-rumah mereka dibilang jauh dari kata sederhana.

Pemilik akun @elizasifaa ini mengaku kaget dengan apa yang dia lihat di desa tersebut. Ia bahkan menyebutkan kalau rata-rata pendapatan nelayan di desa ini adalah 80-100 juta rupiah per bulan per kapal. Dengan rumah mewah modern seperti ini, ia mencari persetujuan netizen apakah ini yang dinamakan desa nelayan tersukses? Di akhir video, ia juga menunjukkan kapal-kapal yang ada di desa tersebut dan diduga adalah milik warga Desa Bendar.

Komentar lucu hingga pengakuan netizen yang tinggal di desa Bendar

Membahas video viral tentu tak lepas dari komentar para netizen. Ada yang melempar komentar menggelitik, ada juga netizen Desa Bendar yang mengiyakan fakta-fakta yang tertulis di video Tiktok tersebut. Seperti dua komentar di bawah ini, ngakak nggak tuh bacanya?

Sumber gambar : Tiktok/@elizasifaa

Ada juga beberapa netizen lain yang menimpali dengan beberapa fakta tentang Desa Bendar. Seperti akun @miarahmawati5473 yang mengatakan, “rata-rata bos kapal di Juwana sih.” (yang punya rumah di sana, red-). Atau akun @dilan_herex yang menyebut Desa Bendar sebagai “kota tersering datengin dangdut jawa timuran sebelum covid melanda.”

Fakta tentang Desa Bendar hingga sesukses sekarang

Desa Bendar memang benar merupakan desa nelayan yang letaknya di Juwana, Pati, Jawa Tengah. Awalnya, sebagian besar warga di desa ini berprofesi sebagai nelayan. Di tahun 80-an, desa ini masih biasa saja, kumuh dan bau amis. Namun karena kerja keras, usaha, dan tekad, desa ini mulai mengalami perubahan. Yang tadinya hanya berprofesi sebagai nelayan, kini banyak yang menjadi pengusaha kapal.

Sumber gambar : Tiktok/@elizasifaa

Dan seperti yang kamu lihat dalam video tadi, Desa Bendar telah berbenah dan menjadi penuh dengan deretan rumah mewah. Tidak ada lagi kesan kumuh atau kotor ketika memasuki desa ini. Meski kebanyakan dari pengusaha kapal ini merupakan lulusan SD atau bahkan tidak pernah lulus sekolah, Desa Bendar sangat menginspirasi. Buktinya, desa ini sering dijadikan tempat praktek murid-murid SMK pelayaran se-Indonesia.

Selain dapat pengetahuan baru tentang desa Bendar sebagai desa nelayan terkaya, kamu juga wajib tahu bahwa ada sedekah laut yang biasanya sering dilakukan di desa ini. Sebagai rasa syukur karena telah diberikan hasil laut yang berlimpah, nelayan di Desa Bendar selalu mengadakan sedekah laut dan karnaval. Biasanya ada berbagai macam hiburan tradisional setelah prosesi larung sesaji di tengah muara Laut Jawa selesai. Jadi, tak hanya menikmati hasil dengan membangun rumah mewah saja tapi tetap menjunjung adat dan tradisi yang ada.

Back to Top