Pernyataan Bersama Pertama DK PBB Soal Israel-Palestina: Gencatan Senjata Harus Dipatuhi

Artikel Terbaru Lainnya :

 

KONTENISLAM.COM - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) akhirnya telah mengeluarkan pernyataan bersama pertama terkait ketegangan Israel dan Palestina.
 
Pada Sabtu (22/5), 15 anggota DK PBB menyetujui seruan agar gencatan senjata yang telah disepakati oleh Israel dan Hamas untuk dipatuhi secara penuh, seperti dimuat Al Jazeera.

Dalam pernyataan tersebut, DK PBB menyampaikan duka atas hilangnya banyak nyawa warga sipil dan menyoroti pentingnya bantuan kemanusiaan dikirim ke Palestina, khususnya Jalur Gaza.

"Menegaskan kembali pentingnya mencapai perdamaian yang komprehensif berdasarkan visi sebuah kawasan di mana dua negara demokratis, Israel dan Palestina, hidup berdampingan dalam damai dengan perbatasan yang aman dan diakui," lanjut dewan.

DK PBB telah bertemu empat kali dalam kurun waktu dua pekan untuk merumuskan pernyataan bersama terkait situasi di Palestina. Namun empat pernyataan tersebut mendapatkan veto dari Amerika Serikat (AS).  

Sejak 10 Mei, Israel melancarkan serangan ke Jalur Gaza yang menewaskan sedikitnya 248 orang, termasuk anak-anak. Lebih dari 1.900 juga dilaporkan terluka.
 
Pertempuran udara selama 11 hari itu juga membuat sedikitnya 12 orang di Israel tewas.

Israel dan Hamas menyepakati gencatan senjata pada Kamis (20/5) yang ditengahi oleh Mesir. Gencatan senjata dimulai pada Jumat (21/5) pukul 02.00 dini hari waktu setempat. [rmol]



from Konten Islam https://ift.tt/2ShokCv
via IFTTT
Back to Top