Rumah Gadang Berusia Ratusan Tahun di Agam Disulap Jadi Rumah Tahfidz Quran

Artikel Terbaru Lainnya :

Rumah Gadang Berusia Ratusan Tahun di Agam Disulap Jadi Rumah Tahfidz Quran 

KONTENISLAM.COM - Rumah Gadang milik suku Koto yang berada di Desa Koto Ateh Balai Bagamba, Jorong Biaro, Nagari Biaro Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat disulap menjadi rumah Tahfidz Quran.

Rumah Gadang tersebut diketahui sudah berusia ratusan tahun lamanya.

"Rumah Gadang ini dijadikan sebagai rumah Tahfidz Quran bagi 60 penghafal Alquran,” kata pemilik Rumah Gadang, Ilham Akbar (33), dikutip dari Covesia.com - jaringan Suara.com, Minggu (2/5/2021).

Menurutnya, Rumah Gadang itu memang sengaja direnovasi oleh keluarga dari Suku Koto Datuak Sutan Bandaro Sati untuk menampung kegiatan para penghafal Alquran, terutama anak-anak.

Keluarga besarnya sepakat untuk memperbaiki Rumah Gadang yang telah berusia lebih dari 100 tahun itu dijadikan tempat belajar mengaji anak-anak hingga melakukan salat berjamaah.

Rumah Gadang yang kental dengan suasana tradisional Minangkabau itu juga dilengkapi dengan air pincuran sebagai fasilitas berwuduk.

Dia berharap bangunan Rumah Gadang yang dimiliki secara bersama dalam satu suku itu membawa berkah bagi keluarga besar.

Ilham sendiri menjadi pengajar bagi anak-anak yang sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu dan anak yatim itu. Ia bergabung bersama sebuah yayasan keagamaan dan telah menyelenggarakan pendidikan Tahfidz Qurann sejak 2019.

Menurut Ilham, pemakaian Rumah Gadang dimaksudkan untuk memberikan suasana dan semangat serta pengetahuan baru untuk anak anak bahwa Rumah Gadang sebagai salah satu lambang jati diri masyarakat Minangkabau.

“Sesuai dengan falsafah orang Minang “Adat basandi Syara dan Syara basandi Kitabullah” maka kita berharap anak-anak lebih bersemangat belajar agama dan mengaji sesuai nilai spiritual adat Minangkabau,” ujar Ilham.[suara]



from Konten Islam https://ift.tt/3gW2YVn
via IFTTT
Back to Top