SOEKARNO VS HENDROPRIYONO

Artikel Terbaru Lainnya :

 

Kamu Sok Paham Saja

Pancasila itu dirumuskan oleh Soekarno. Konsep awalnya beda dengan redaksi/bunyi yang ada sekarang. Tapi poin-poinnya kurang lebih sama. Soekarno berdiskusi dengan sesama founding fathers, pendiri bangsa lain. Berdiskusi lagi, lagi, dan lagi. Beberapa diskusi itu panas. Tapi berakhir damai dan jalan tengah. Hingga akhirnya utuh. Jadilah dia Pancasila yang kita kenal hari ini.

Jadi dasar negara.

Siapa yang secara teoritis paling paham soal Pancasila? Soekarno. Karena dia adalah perumus awalnya. Sebentar lagi 1 Juni, akan diperingati sebagai Hari Pancasila. 

Maka, jika yang merumuskan Pancasila bilang begini: 

"Selama kemerdekaan Bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel."

Jika Soekarno bilang itu, maka super membingungkan sekali saat ada yang koar-koar Palestina bukan urusan Indonesia, sambil disaat bersamaan bilang dia sangat Pancasila. Bilang dia paling paham filsafat bangsa, dll. Duh, Gusti, orang ini halu. Sangat-sangat halu. 

Karena lihatlah Soekarno, perumus Pancasila, dia bilang sebaliknya. Jadi dia merasa lebih paham dibanding perumus Pancasila? HALU!

Sungguh, semoga kalian terselamatkan dari pernyataan orang-orang yang sok paham soal Pancasila. Mereka ini bahkan boleh jadi tidak tahu sedang ngomong apa, nyerocos saja. Untuk kemudian selalu bawa-bawa Pancasila.

(By Tere Liye, penulis novel 'Negeri Para Bedebah')

Back to Top