Penampakan Batu Surga Hajar Aswad Paling Jelas, Batu Surgawi yang Turun Ke Bumi dan Ditempatkan di Kiblat Muslim

Artikel Terbaru Lainnya :

Subhanallah, Ini Penampakan Batu Surga Hajar Aswad Paling Jelas 


Hajar aswad adalah sebuah batu hitam yang terletak di Masjidi Haram, Mekkah. Batu ini biasanya menjadi rebutan para jemaah haji dan umrah untuk menciumnya.

Sehingga ketika musim haji tiba sangat sulit untuk bisa mendekati apalagi mencium batu hajar aswad. Mencium hajar aswad adalah sunah Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW selalu mencium hajar aswad setiap melakukan tawaf saat berada di Masjidil Haram. Berdasarkan riwayat, batu hajar aswad adalah batu yang berasal dari surga.

Lalu seperti apa penampakan batu hajar aswad itu sendiri? Terbaru pihak Arab Saudi memfoto hajar aswad dengan teknologi tinggi.

Dilansir dari ANTARA, Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi baru-baru ini mendokumentasikan foto Hajar Aswad di Kakbah dalam Masjidil Haram menggunakan teknik fokus panorama bertumpuk.

Dalam teknik itu, foto-foto dengan kejernihan berbeda digabungkan untuk menghasilkan satu foto dengan tingkat akurasi dan kualitas tinggi.

Butuh tujuh jam untuk mengambil foto hingga 49.000 megapiksel. Dilansir Tribune, Selasa, ini adalah kali pertama dunia bisa melihat lebih dekat Hajar Aswad.

Gambar yang diambil sangat jelas sehingga setiap orang bisa melihat setiap bagian batu yang tidak terlihat sebelumnya.

Hajar Aswad terletak di sudut timur Kakbah dan terlihat seperti satu batu yang terlindung dalam bingkai perak, tetapi sebetulnya Hajar Aswad terdiri dari delapan batu kecil yang digabung dengan frankincense Arab.

Batu terkecil ukurannya tak lebih dari 1 cm, yang terbesar tidak melebihi ukuran 2 cm. Bingkai yang dibuat dari perak berfungsi sebagai pelindung dari batu suci itu.

Berdasarkan buku sejarah, Hajar Aswad yang berasal dari surga ditempatkan di Kakbah oleh Nabi Ibrahim setelah diberikan oleh malaikat Jibril.[suara]


4 Fakta Foto Hajar Aswad, Batu Surgawi yang Turun Ke Bumi dan Ditempatkan di Kiblat Muslim



Ka’bah menjadi salah satu tempat spesial di muka bumi ini. Pasalnya tempat tersebut jadi kiblat semua muslim di seluruh dunia sehingga tak pernah sepi oleh jama’ah. Siang-malam selalu ramai orang yang beribadah, seolah membuktikan kalau Ka’bah adalah salah satu mukjizat dari Yang Maha Kuasa yang masih ada hingga sekarang.

Bicara mengenai Ka’bah, tentunya tidak terlepas dari Hajar Aswad. Ya, batu hitam ini jadi salah satu yang wajib ditemui ketika berada di sana. Namun tau gak sih, kalau wujud dari Hajar Aswad ini sejatinya tidak benar-benar berwarna hitam. Nah kalau penasaran simak ulasan di bawah ini.

Foto Hajar Aswad yang bikin dunia heboh

Beberapa waktu yang lalu salah satu benda yang disucikan oleh umat Islam, Hajar Aswad, sedang jadi buah bibir. Hal ini karena pengurus Ka’bah merilis beberapa foto batu tersebut yang ternyata tidak seperti yang kita bayangkan. Hajar Aswad difoto dengan kamera yang sangat canggih beresolusi 49.000 megapiksel.



Dilansir dari laman Kompas, ternyata batu tersebut tidak berwarna hitam seperti yang selama ini kita kira. Melainkan ada warna merah, abu, orange dan lain-lain. Bahkan dari bentuk batuannya, banyak yang berpendapat kalau batu ini tidak berasal dari bumi melainkan meteorit. Ada pula ahli yang berpendapat kalau batu ini berasal dari bumi, namun terbentuk lumayan lama dan melewati proses yang lama.

Ditemukan oleh Nabi Ibrahim AS

Dari sisi agama, tentunya kita tahu mengenai sejarah Hajar Aswad sendiri. Dilansir dari laman Kompas, adanya batu ini tidak terlepas dari pembangunan Ka’bah di masa Nabi Ibrahim AS. Saat itu beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk membangun Ka’bah dan melengkapinya dengan sebuah batu.

Oleh sebab itu Ibrahim AS meminta anaknya, Ismail AS, untuk mencari sebuah batu. Ismail AS pun di tengah jalan bertemu dengan Jibril yang kemudian memberikan sebuah batu. Akhirnya batu tersebut dipasang di Ka’bah seperti yang selama ini kita ketahui dan jadi pusat ibadah umat muslim.

Batu surgawi yang berwarna putih

Sempat dikisahkan kalau Hajar Aswad sebelumnnya berwarna putih. Warnanya sangat bersih bahkan lebih putih dari susu. Batu ini sendiri berasal dari surga yang dibawa oleh malaikat Jibril atas perintah Allah SWT. Namun setelah dipasang di Ka’bah, batu ini akhinya lama kelamaan berubah menjadi hitam karena tersentuh manusia.

Ya, dikisahkan kalau karena dosa yang dibuat manusia yang membuat warna Hajar Aswad jadi berubah. Lantaran sepanjang waktu disentuh oleh tangan muslim yang beribadah, Hajar Aswad jadi tampak selalu mengkilap. Bisa dibilang kalau hal ini adalah mukjizat karena sejak zaman dulu keadaannya tetap mengkilap.

Hajar Aswad yang sempat hilang

Lantaran jadi benda yang sangat berharga bagi umat Islam, Hajar Aswad tentunya diberikan penjagaan yang amat ketat. Namun siapa sangka kalau batu surgawi ini ternyata juga sempat hilang loh dari tempatnya. Dilansir dari laman CNN, batu tersebut pada tahun 930M ternyata pernah tercuri oleh sekelompok pejuang Qarmatian.


Tak hanya mencuri Hajar Aswad, kelompok ini juga sempat mengotori sumur Zamzam. Selama puluhan tahun menghilang dari Ka’bah, akhirnya Hajar Aswad bisa kembali tepatnya 952M. Pecurian ini sendiri mengakibatkan batu itu harus terpecah menjadi beberapa bagian. Beruntung dengan teknologi yang memadai akhirnya Hajar Aswad bisa disatukan kembali.


Keberadan Hajar Aswad ini memang sangat luar biasa, apalagi bagi seorang muslim. Meskipun kita masih belum bisa melihatnya secara langsung, adanya foto Hajar Aswad bisa sedikit mengobati kerinduan. Semoga kelak kita bisa benar-benar bertemu secara langsung dengan batu tersebut.

Back to Top