Tidak Semua Pegawai KPK Mendapat Pertanyaan Seperti Yang Dibeberkan Novel Baswedan

Artikel Terbaru Lainnya :

 

KONTENISLAM.COM - Materi soal tes wawasan kebangsaan (TWK) bagi pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) terus menjadi pembahasan publik. Terlebih setelah penyidik senior KPK Novel Baswedan membeberkan beberapa materi soal.
 
Dalam acara yang dipandu oleh wartawan senior, Karni Ilyas, di akun YouTube, Novel mengungkapkan beberapa materi tes yang dianggapnya tidak sesuai dengan wawasan kebangsaan.

Namun demikian, dari sejumlah materi yang dipersoalkan Novel tersebut, ternyata tidak semua dialami oleh semua pegawai KPK.

Seperti salah satu pegawai KPK saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL membahas pernyataan Novel.

Menurut dia, setiap pegawai KPK yang mengikuti TWK yang diatur di dalam UU 19/2019 tentang KPK mendapatkan pertanyaan wawancara berbeda dari asesor TWK.

Dia sendiri mengaku tidak mendapat pertanyaan atau soal tentang pilihan antara Pancasila atau agama seperti yang disampaikan oleh Novel kepada Karni Ilyas.

"Aku engga ditanya pilih Pancasila atau agama. Tapi ada pegawai yang disuruh pilih antara Pancasila atau Al-Qur’an," katanya yang tidak mau disebutkan namanya, Senin (24/5).

Bahkan, dia juga menampik mendapatkan pertanyaan soal pernikahan ataupun jilbab. Menurutnya, pertanyaan ataupun materi soal yang diterimanya dari lima lembaga negara seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (AD), Dinas Psikologi TNI AD, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) cenderung normal.

"Aku gak ditanya (soal pernikahan dan jilbab). Aku cenderung normal si pertanyaannya," ungkapnya.
 
Normal yang dimaksud dia adalah sama seperti yang ditanyakan kepada pegawai KPK lainnya. Seperti soal kerja, pengalaman kerja, soal kebijakan pemerintah.

Akan tetapi, dia membenarkan jika ada materi soal TWK terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan Ormas yang telah dilarang pemerintah Indonesia. [rmol]



from Konten Islam https://ift.tt/3vecrM0
via IFTTT
Back to Top