Buat yang masih bingung, Ini Perbedaan Ayam Geprek, Ayam Gepuk, dan Ayam Penyet!

Artikel Terbaru Lainnya :

 Ketiga menu ayam goreng yaitu ayam geprek, gepuk, dan penyet selalu jadi favorit di warung makan kaki lima. Berikut perbedaan ketiga menu ayam goreng ini!

Ayam goreng jadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Menu ayam goreng ini juga mudah ditemui dimanapun, termasuk di warung makan kaki lima.

Menu ayam goreng di Indonesia ada beragam jenisnya. Ada ayam geprek, ayam gepuk, dan ayam penyet. Ketiga menu ayam goreng ini memiliki persamaan dengan penyajian sambal yang pedas nampol.

Tapi, ketiga menu ayam goreng itu juga memiliki perbedaan. Mulai dari tipe ayam goreng hingga jenis sambal yang disajikan.



Berikut perbedaan ayam geprek, ayam gepuk, dan ayam penyet.


1. Ayam Geprek


Beberapa tahun lalu sampai saat ini, ayam geprek sangatlah populer di Indonesia. Ayam goreng ini diolah dengan cara digoreng menggunakan balutan tepung renyah. Konon ayam geprek pertama kali muncul di Yogyakarta.

Istilah geprek berasal dari suara ayam yang dimemarkan menggunakan ulekan sebelum disajikan. Aslinya, ayam geprek dimemarkan sampai seluruh bagian ayam remuk. Namun, saat ini banyak ayam geprek yang hanya dimemarkan sedikit.

Ayam goreng tepung yang renyah ini kemudian disajikan lengkap dengan nasi, sambal bawang, dan lalapan. Untuk level kepedasannya juga bisa dipesan sesuai selera. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan saja.

Selain sambal bawang yang pedasnya nampol, banyak gerai ayam geprek yang mengkreasikan jenis sambalnya. Ada yang menggunakan sambal matah, sambal hijau, tambahan keju mozarella, keju parut, saus telur asin, dan lainnya.

2. Ayam Gepuk

Ayam Pak GembusAyam Gepuk Pak Gembus Foto: detikFood

Ayam gepuk juga jadi menu ayam goreng yang populer. Berbeda dengan ayam geprek, ayam gepuk tidak menggunakan balutan tepung renyah. Untuk bumbunya, ayam gepuk diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning.

Kemudian ayam ungkep digoreng hingga kering. Setelah itu dimemarkan sedikit dan diberikan topping sambal bawang yang rasanya pedas nampol.

Ada perbedaan sambal bawang yang digunakan, karena ada beberapa penjual yang menambahkan kacang mede sangrai pada racikan sambalnya. Karenanya ada sedikit tekstur renyah dan rasa gurih dari kacang mede tersebut.

Kabarnya, ayam gepuk juga berasal dari Yogyakarta. Salah satu gerai ayam gepuk yang memiliki banyak cabang adalah Ayam Gepuk Pak Gembus. Pada bagian namanya, ia juga menyematkan kata 'Asli Yogyakarta'.

3. Ayam Penyet

ayam penyetayam penyet Foto: Dok. detikFood

Satu lagi menu ayam goreng favorit Indonesia, yaitu ayam penyet. Konon ayam penyet berasal dari Surabaya, Jawa Timur karena adanya penyetan khas Surabaya.

Untuk bumbu ayamnya, tak berbeda dengan ayam gepuk yang diungkep terlebih dahulu. Setelah itu juga digoreng hingga kering. Nama penyetan berasal dari ayam yang dipenyet atau dimemarkan.

Penyajian ayam penyet biasanya juga diletakkan di atas cobek. Sambal yang digunakan umumnya adalah sambal bawang atau sambal korek, sambal terasi, dan sambal tomat. Biasanya juga disajikan dengan tahu, tempe goreng, dan lalapan.

Back to Top