Mengapa mobil yang sudah pernah turun mesin tidak layak dibeli ?

Artikel Terbaru Lainnya :

  Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, izinkan saya untuk menjelaskan apa itu turun mesin.



Mesin Santa Fe yang katanya isi BRQ + Solar / biosolar.

Turun mesin adalah suatu tindakan perawatan mobil yang mengharuskan adanya pengangkatan mesin dari engine bay atau tempat mesin tersebut berada ke "meja operasi" untuk dibongkar dan dibersihkan dengan alasan tertentu.

Untuk turun mesin pada umumnya ada 2 jenis yaitu :

Turun mesin setengah.

Ya namanya juga setengah, pasti tidak semua bagian mesinnya dibongkar. Biasanya tindakan ini dilakukan pada cylinder head ataupun bagian lain yang perlu dibongkar saja. Adapun tindakan yang biasa dilakukan pada turun mesin setengah ini adalah :

  • Karena overheat*
  • Membersihkan ruang bakar dan silindernya
  • Mengganti seal / packing, apalagi sering terjadi rembes-rembes atau bocor pada sambungan part mesin karena sudah umur.

Turun mesin seluruhnya.

Turun mesin seluruhnya adalah kebalikan dengan setengah, yang artinya seluruh bagian mesin dibongkar dan dibersihkan satu-satu, kalau ada parts yang rusak diganti, dan dipasang lagi. Tujuan dari turun mesin seluruhnya ini agar semua parts yang ada di dalam mobil bisa diperiksa, dibersihkan, diganti, maupun di "porting-polish".

Kembali ke pertanyaan, kenapa mobil bekas turun mesin tidak layak dibeli?

TERGANTUNG.

Sebetulnya alasannya adalah susah untuk memeriksa faktor mobil yang sudah pernah turun mesin makanya orang awam bilang mesin yang sudah pernah diturunkan pasti ga pernah diservis, sering telat ganti oli, pernah overheat, dll.

Tapi untuk memastikan apakah mobil tersebut masih layak atau tidak, tes Drive saja mobilnya. Karena mesin bersih = lebih bertenaga + lebih hemat.

kalau anda masih sangsi terhadap penyebab turun mesin, terlebih anda bukan orang otomotif/bengkel yang berpengalaman sebaiknya tidak memilih mobil jenis ini.

Sebaliknya jika anda tahu mesin dan percaya dengan mesin yang sudah dilakukan perawatan total itu secara profesional dan ahli, silahkan ambil karena rasanya seperti mobil baru, serius😁… mending ambil mobil bensin yang sudah turun mesin daripada yang tidak, khususnya untuk kelas Innova keatas.

Kalau mesin diesel gimana? Wajib cari yang sudah pernah turun mesin, tentu alasan turun mesinnya bukan karena alasan overheat atau timing belt putus ya😂… apalagi mesin diesel nya sering diisi bio solar 🍺 sangat penting.

Belum pernah turun mesin? Murah diawal, bisa sengsara di akhir karena sepengalaman saya, hampir setengah dari harga turun mesin pasti harga JASA😁, sisanya baru parts yang harus diganti kecuali yang diganti cukup banyak sehingga harga parts lebih banyak daripada jasa. Kalau cari km rendah (dibawah 100 ribu km) dan mobilnya ga setiap hari dipakai itu masih aman cari yang tanpa turun mesin.

Sekian jawaban saya, dan #SalamSolar

Back to Top