Seberapa majukah Tiongkok jika dibandingkan dengan Indonesia ?

Artikel Terbaru Lainnya :

sy beberapa kali bolak balik ke cina. paling optimis, 100 tahun lebih maju lah. haha. US aja masih kalah sama cina.

sy kasih gambaran paling mudah


railway network california vs cina

dengan waktu yg sama, cina bisa bikin jaringan seantero negeri. amerika? cuma west coast doang🤭

dan lebih murah cina. jauhh.

salah 1 yang ga sy suka dari cina itu gigantic structure, stasiun kereta segede airport. gempor abiss. lebih dari 1000 kereta express sehari, orang kampung bisa ke kota besar hanya dalam waktu beberapa jam.

sy ke cina untuk keperluan bisnis. datengin pabrik2 mereka karena sy mau impor barang dengan nilai transaksi yg cukup besar.

indonesia vs cina

di indo, ga gampang ngontak pabrik, apalagi ketemu sama org dalam dan liat2 pabrik. nyampe pos satpam bisa diusir lo🤭 di cina? lo diajak makan, dijemput pake mobil mevvah, dijamu, diladenin baek2, deal? belom tentu padahal🤭 .

pengalaman nyebelin sy nyari sourcing di indo vs china itu 10:1. sy pernah nih nyari soucing botol kaca, nyoba2 kontak pabrik di indo malah di pingpong sana sini, OMG. nyari produsen mainan kayu nyamperin kesana kemari ngga jelas. sy pernah juga mendatangi percetakan di jakarta. pas ketemu sama bosnya, OMG sombong bgt gaya ngomongnya, mentang2 gw masih muda dikira cupu kali ya jadi diremehin :( sampe sekarang sy dan rekan sy masih inget tuh perlakuan itu. tp yaudah deh. di cina? bosnya ramah bro, jangan dikira karena sy bareng bos, pernah suatu kali tim kami harus berpencar, sy datengin bosnya sendirian untuk survey dan nego harga, pas pulang ditraktir makan.

labor cost di cina murah? justru mereka kaget pas sy ceritain gaji buruh disini, paling banter 10–35% gaji buruh di cina. labor cost di indo itu murah bgt. tapi ga punya skill. buruh kasar. di cina itu skilled labor.

pabrik di cina juga efisien bgt. sy pernah datengin pabrik metal, pabrik printing, plastik, dll, pegawainya ngga banyak, tapi produksinya bisa memenuhi global market. gila deh.

makanya orang yg anti impor cina itu ga paham kondisi. dia kira yg namanya maju itu bikin sendiri. ya ga dong😆 seantero dunia ini perusahaan besar itu produksinya di cina yg utama. bukan berarti kita ga bisa bersaing. kalau lo itu ikan ya jangan lomba lari sama harimau, lo pasti kalah.

indonesia ini dari jaman prasejarah, kekuatannya 1. HASIL BUMI.

emangnya mumi di mesir itu dapet kapur barus darimana? ya dari indo😆 lo ga heran apa kerajaan sumatra bisa punya emas berton ton itu darimana? dari raja2 mesir. beli kapur barus.

penjelajah eropa itu bawa hasil bumi dari kita cuma 1 kapal. disana dy jual lalu duitnya dipake buat beli armada kapal coy. gila ga. VOC jd perusahaan dengan aset triliunan dolar real tanpa valuasi terkaan itu ya duitnya dari jualan produk kita.

alhamdulillah kita ini negara dengan jumlah gunung berapi aktif terbanyak di dunia. bencana itu menjadikan negara kita memiliki tanah paling subur di dunia.

cina boleh punya jalur sutra (direct railroad yiwu-euro)

thailand nanti boleh jd pintu gerbang dunia baru (thai canal)

tapi ada 1 yg cuma kita yg punya, JALUR REMPAH.

cuma kita yg punya tanah yg menjadikan hasil bumi kita the best in the world.

pemerintah punya peran paling penting disini, semoga saja politisi2 itu ngga jadi lacur dunia yg menggadaikan kekuatan besar kita. belum terlambat.

diedit sedikit supaya lebih enak untuk dibaca. terima kasih atas upvote dan diskusinya :)

https://id.quora.com/Seberapa-majukah-Tiongkok-jika-dibandingkan-dengan-Indonesia 

Back to Top