Kritik Jokowi Revisi Statuta UI Demi Kepentingan Kekuasaan, Ali Syarief: Pemimpin Model Sampah!

Artikel Terbaru Lainnya :

Foto Ilsutrasi, Gedung Rektorat Universitas Indonesia.

KONTENISLAM.COM - Akademisi Cross Culture Institute, Ali Syarief berikan sindiran menohok soal perubahan Statuta Universitas Indonesia (UI).

Menurutnya, mengubah peraturan demi kepentingan kekuasaaan merupakan bentuk pelanggaran peraturan itu sendiri.

Hal itu disampaikan Ali Syarief melalui cuitan di akun Twitter pribadinya pada Rabu, 21 Juli 2021.

"Mengubah-ubah UU atau Peraturan2 hanya untuk kepentingan kekuasaan (conspiracy) adalah pelanggaran UU dan peraturan2 itu sendiri," cuit Ali dikutip dari Twitter @alisyarief, Kamis, 22 Juli 2021.

Tak hanya itu, menurut Ali upaya menghindar dari Undang-Undang (UU) merupakan bentuk penghianatan yang besar.

"Apalgi menghindar dr UU, kemudian mencari cara lain, supya tdk terikat dr kewajiban UU, ini penghiantan besar," sambungnya.

Tak ragu, Ali kemudian menyebut pengubah peraturan tersebut sebagai pemimpin 'sampah'.

"Pemimpin model begini adalah "sampah"," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi merivisi Peraturan Pemerintah (PP) tentang Statuta Universitas Indonesia (UI). Perubahan terjadi dari PP No.68/2013 menjadi PP 75/2021.

Salah satu perubahan yang disoroti adalah yang terkait dengan poin larangan rangkap jabatan bagi rektor maupun wakil rektor.

Setelah diubah menjadi PP No.75/2021, maka rektor dan wakil rektor hanya dilarang rangkap jabatan jika menjadi direksi BUMN maupun BUMD.

Tak hanya itu, poin nomor lima (5) terkait larangan merangkap jabatan yang bertentangan dengan kepentingan UI juga ditiadakan dalam PP No.75/2021.

Hal tersebut merupakan buntut dari kasus Rektor UI Ari Kuncoro yang beberapa waktu lalu memanggil pengurus BEM UI usai membuat meme Jokowi dengan julukan 'The King of Lip Service'.

Banyak publik yang menyayangkan perlakuan Ari Kuncoro hingga profilnya dicari banyak orang.

Diketahui saat ini Ari Kuncoro merangkap jabatan Rektor UI dan Wakil Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI). [pikiran-rakyat]



from Konten Islam https://ift.tt/3kGIRwn
via IFTTT
Back to Top