MEE: Perdana Menteri Tunisia Dipukuli di Istana Presiden, Dipaksa Setuju Mengundurkan Diri Sebelum Kudeta

Artikel Terbaru Lainnya :

 

KONTENISLAM.COM - Perdana Menteri Tunisia diserang di istana sebelum kudeta.
 
Sumber memberi tahu Middle East Eye (MEE) bahwa Perdana Menteri Hichem Mechichi diserang secara fisik sebelum dia setuju untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Perdana Menteri Tunisia Hichem Mechichi diserang secara fisik di istana presiden pada Minggu malam (25/7/2021) sebelum dia setuju untuk mengundurkan diri dari jabatannya, sumber yang dekat dengan perdana menteri mengatakan kepada Middle East Eye.

Kondisi luka-lukanya tidak dapat diverifikasi karena Mechichi sendiri belum terlihat di depan umum.

MEE mengetahui bahwa cedera yang diderita pria berusia 47 tahun itu "signifikan", menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

"Dia mengalami luka di wajah, itulah sebabnya dia tidak muncul [di depan umum]," kata salah satu sumber.

Mechichi dipanggil ke istana kepresidenan pada hari Minggu di mana Presiden Kais Saeid memecatnya dari jabatannya, mengumumkan pembubaran parlemen dan mengambil alih otoritas eksekutif setelah hari protes anti-pemerintah yang tegang.
 
Sumber yang dekat dengan perdana menteri menjelaskan kepada MEE bahwa kepala keamanan yang menemaninya ke istana bukan bagian dari rencana kudeta.

Rached Ghannouchi, ketua parlemen dan pemimpin partai Islam moderat Tunisia Ennahda, menghindari panggilan karena dia baru saja keluar dari rumah sakit tempat dia dirawat karena Covid-19.

Menurut sumber tersebut, Mechichi, yang merupakan pilihan Saied sebagai perdana menteri, diminta sekali lagi pada hari Minggu untuk mundur.

Dia sampai saat itu berulang kali menolak untuk mengundurkan diri dalam pertikaian yang meletus atas pengangkatan empat menteri dalam pemerintahannya.

Sumber mengatakan bahwa ketika Mechichi menolak, dia dipukuli. MEE lebih lanjut mendapat informasi bahwa ada "non-Tunisia" di istana pada saat itu.

MEE melaporkan orang-orang yang hadir adalah pejabat keamanan Mesir yang telah memberi nasihat kepada Saied sebelum kudeta dan mengarahkan operasi yang sedang berlangsung. Tidak jelas peran apa yang mereka mainkan dalam interogasi Mechichi.

"[Presiden Mesir Abdel Fattah el-] Sisi menawarkan untuk memberi Saied semua dukungan yang dia butuhkan untuk kudeta dan Saied menerimanya," kata salah satu sumber.

"Anggota militer dan keamanan Mesir dikirim ke Tunisia dengan dukungan penuh dari MbZ [Mohammed bin Zayed, Putra Mahkota Abu Dhabi]," tambah sumber itu.

Mechichi kemudian dilaporkan telah mengangkat tangannya dan setuju untuk mengundurkan diri. Pada saat itu, kepala keamanannya juga menyetujui pernyataan presiden.

Mechichi kemudian kembali ke rumah di mana dia membantah laporan ke media lokal bahwa dia berada di bawah tahanan rumah.
 
MEE menghubungi kepresidenan Tunisia dan Mechichi
untuk memberikan tanggapan tetapi tidak memberi tanggapan hingga artikel dipublikasi.

Kudeta Sudah Dirancang Berbulan-bulan

Langkah-langkah kudeta yang dilakukan pada hari Minggu mengikuti rencana tindakan yang digariskan oleh penasihat dekat Saied pada bulan Mei dan diterbitkan oleh MEE pada saat itu.

Rencana tersebut menguraikan pembersihan atau gelombang penangkapan massal yang akan terjadi setelah pengumuman apa yang disebut sebagai "kudeta konstitusional".

Dokumen itu mengatakan Saied akan mendeklarasikan "kediktatoran konstitusional" yang menurut penulis dokumen itu adalah alat untuk "mengkonsentrasikan semua kekuasaan di tangan Presiden Republik".

Ini kemudian menguraikan target untuk pembersihan lawan politik. Dokumen itu mengatakan orang-orang kunci akan ditempatkan di bawah tahanan rumah. “Dari Partai Ennahda… Nur Al-Din Al-Bahiri, Rafiq Abd Al-Salam, Karim Al-Haruni, Sayyid Al-Ferjani, Deputi Blok Al-Karama, Ghazi Al-Qarawi, Sufian Tubal, pengusaha, penasehat di Pengadilan Perdana Menteri, dll."

Pihak kepresidenan awalnya membantah keberadaan dokumen tersebut, sebelum Saied sendiri mengaku telah membacanya. Dia kemudian mengklaim dalam sambutannya di televisi bahwa dia tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas saran yang dia terima.
 
Namun, sumber kepresidenan mengatakan kepada MEE bahwa Saied menginstruksikan para pejabatnya untuk menyusun daftar target orang-orang yang dapat ditangkap.

Untuk membuka jalan bagi hal ini, Saied mengambil alih kendali pengadilan sipil dan militer dan menyatakan dirinya sebagai jaksa agung.

Dalam sebuah dekrit yang dikeluarkan Selasa malam (27/7/2021), Saied memecat Brigadir Jenderal Hakim Tawfiq al-Ayouni, yang mengepalai pengadilan militer.

Presiden juga memberhentikan sejumlah pejabat senior pemerintah, termasuk sekretaris jenderal pemerintah, direktur kantor perdana menteri dan sejumlah penasihat.

Namun, langkah tersebut menghadapi perlawanan institusional, dengan Dewan Kehakiman Tertinggi menolak keputusan Saied untuk menempatkan dirinya sebagai pejabat hukum senior pemerintah yang efektif.

Dewan mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah bertemu dengan Saied bahwa mereka menekankan independensi peradilan dan "kebutuhan untuk menjauhkannya dari semua perselisihan politik, dan bahwa hakim independen, dan tidak ada otoritas atas mereka dalam peradilan mereka kecuali hukum, dan mereka menjalankan tugasnya dalam ruang lingkup konstitusi".

Komentar dewan itu muncul ketika pasukan keamanan Tunisia dilaporkan telah menggerebek rumah Rached Khiari, seorang anggota parlemen yang sebelumnya berselisih dengan Saied. Menurut laporan lokal, anggota parlemen itu tidak di rumah pada saat penggerebekan.

Pada bulan April, Khiari menerbitkan sebuah video di halaman Facebook-nya yang menuduh Saied menerima dukungan dan dana asing untuk meningkatkan peluangnya memenangkan pemilihan presiden 2019.

Khiari mengklaim bahwa dia memiliki dokumen dan video yang menunjukkan Saied telah menerima $5 juta melalui manajer kampanyenya, Fawzi al-Daas, dari seorang perwira intelijen yang bekerja di kedutaan AS di Paris.

Kedutaan AS di Tunisia membantah klaim Khiari, sementara Daas mengajukan tuntutan hukum terhadapnya.

(Sumber: middleeasteye)



from Konten Islam https://ift.tt/3ib93gV
via IFTTT
Back to Top