Dimintai Tanggapan soal Musik Haram Pintu Maksiat, Ustadz Zacky Justru Jawab Begini

Artikel Terbaru Lainnya :

Dimintai Tanggapan soal Musik Haram Pintu Maksiat, Ustadz Zacky Justru Jawab Begini 

KONTENISLAM.COM - Ustaz Zacky Mirza mengomentari sikap Uki Eks Noah yang menyatakan musik haram dan pintu masuk maksiat.

Pendakwah itu meminta biarin saja Uki ngomong gitu yang penting yang bersangkutan nggak melabeli orang yang sepaham dengannya sebagai ahli neraka.

Ustaz Zacky mengatakan hukum musik memang ada banyak ragam pendapat dari ulama. Ada yang mengharamkan ada yang membolehkan.

Nah Ustaz Zacky berpendapat sebaiknya musik dimanfaatkan saja untuk media dakwah.

Musik Haram Ustaz Zacky

Sikap Uki eks Noah yang mengharamkan musik dan musik menjadi pintu maksiat jadi perhatian sejumlah kalangan. Kali ini Ustaz Zacky mengomentarinya.

Dia mengatakan musik itu tergantung yang memainkannya kok.

Kalau konten musik itu mengandung nilai kebaikan kenapa tidak dikembangkan.

“Musik itu tergantung kok, apakah membawa keimanan kita naik atau tidak, contoh Selawat. Lagu cinta sekalipun kalau dikembalikan ke Allah justru (bagus),” ujarnya dalam tayangan kanal Youtube KH Infotainment, dikutip Minggu 1 Agustus 2021.

Ustaz Zacky berpandangan jernih saja dalam menyikapi hukum musik.

Kalau ada yang menanggap musik itu haram ya hormati mereka sebagai bentuk sikap.

“Kita bijak saja lah, kalau ada yang anggap musik haram ya biarkan itu jadi pemahaman yang meyakini, selama tak rugikan dan justifikasi semua yang dengerin musik apapun itu neraka ya, kita hargai selama itu,” kata Ustaz Zacky.

Penceramah agama ini berpesan kepada mereka teman-teman yang baru hijrah kehidupannya, soal musik ini jangan kaku dong.

Dengan melihat manfaat musik, kenapa tidak musik ini dipakai untuk mendukung dakwah Islam.

Dia mencontohkan ada kok beberapa figur yang menggunakan musik untuk memoles dakwah dan pesan-pesan edukasi soal nilai keislaman.

“Pesan saya ke teman yang hijrah, jangan ninggalin musik sepenuhnya ya. Justru musik sebagai media dakwah, itu Ustaz Jefri musik dijadikan media dakwah, itu kan keren. Anak muda jadi kena Selawat. Itu juga Sabian, terlepas pro kontar ya, mereka sudah menunjukan selawat bukan untuk kalangan tua saja. Ketika mereka masuk dengan selawat jadi genre digandrungi anak muda,” jelasnya.

Zacky Mirza juga menunjukkan bagaimana karya-karya musik religi dari Opick yang berkesan sampai hari ini.

“Jadi khusnudzon saja, tapi enggak anggap yang tak sepaham itu ahli neraka dan sebagainya,” ujarnya.

Musik Haram

Sebelumnya, Uki eks NOAH bikin pernyataan yang membuat geger publik.

Ia mengatakan, industri musik adalah pintu masuk berbagai kemaksiatan, maka itu ia pun memintanya untuk ditutup.

Uki, yang memiliki nama asli Mohammad Kautsar Hikmat juga mengatakan profesinya dahulu sebagai musisi tidak bisa dibanggakan di hadapan Allah.

Ia juga sudah tidak ingin berurusan dengan dunia musik lagi.

“Karena bagi saya, saya enggak bisa membanggakan ‘Ya Allah saya dulu menciptakan banyak fans, banyak lagu’. Di hadapan Allah pada akhirnya itu enggak bisa meningkatkan derajat saya,” ujar Uki.

Seperti telah disebut, Uki meminta industri musik untuk ditutup.

Kata dia, dengan menutup industri musik, maka akan menutup pintu-pintu kemaksiatan yang lain seperti minum khamr, merokok dan berkumpul dengan wanita.

“Jadi untuk dari segi musiknya, karena ketika musik itu enggak kalian lakukan maka otomatis kalian menutup pintu khamr, pintu rokok juga, bercampur dengan wanita,” ujarnya.

“Jadi dengan menutup pintu musik dan industri musik kalian menutup banyak hal yang sifatnya mudarat yang mungkin kalian tidak menyadari ya. Mungkin hanya ngedengerin musik aja. Kalo sejuta orang berpikiran seperti itu otomatis sponsor akan masuk, orang penjual khamr juga akan masuk,” lanjut Uki.

Dia juga mengatakan, bahwa musisi bisa menjadi pintu masuk kemaksiatan.

Pasalnya, dalam kebanyakan acara, yang disebutnya bisa mengundang maksiat, yang ditampilkan adalah wajah para musisi yang mengisi.

“Saya mengingatkan diri saya sendiri, buat kalian juga, buat para musisi juga, jangan mau menjadi pintu maksiat untuk orang lain memasuki maksiat itu. Jadi tutup seerat-eratnya, jangan mau kita jadi pintu maksiat,” kata dia lagi. [hops]



from Konten Islam https://ift.tt/3if9wib
via IFTTT
Back to Top