Ditjen PAS Ungkap Pemicu Perselisihan Habib Bahar Vs Ryan Jombang

Artikel Terbaru Lainnya :

Ditjen PAS Ungkap Pemicu Perselisihan Habib Bahar Vs Ryan Jombang 

KONTENISLAM.COM - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) memastikan narapidana Habib Bahar Bin Smith dan Ryan Jombang sudah berdamai usai insiden pemukulan akibat persoalan pinjam-meminjam uang. Ditjen PAS menyampaikan pemicu perselisihan keduanya.

"Mereka berdua sudah baik-baik saja saat ini, mereka berdua sudah bergaul seperti biasa saat ini, mengikuti pembinaan lagi dengan baik dan itulah fungsinya kita pemasyarakatan," kata Humas Ditjen PAS, Rika Apriani dalam keterangannya, Kamis (19/8/2021).

Rika menyebut perselisihan yang terjadi di dalam lapas memang biasa terjadi. Dia menyebut pemahaman yang berbeda biasa menjadi pemicu berselisih di dalam lapas.

"Sekali lagi saya sampaikan perselisihan bisa terjadi dimana saja, jangankan di dalam lapas, kita saja yang di luar lapas, ada orang-orang yang punya pemahaman yang berbeda menjadi berselisih. Ada yang jadi baik-baik aja, ada yang jadi baik-baik kembali, ada yang berlanjut," ucapnya.

Namun, Rika menjelaskan pemicu perselisihan keduanya yakni karena karakter yang berbeda dan kondisi lapas yang terbatas ruang geraknya. Tidak hanya itu, dia menyebut keduanya sudah 1,5 tahun tidak bisa bertemu dengan keluarganya. Kondisi itu diperparah lantaran adanya kesalahpahaman antara keduanya.

"Karakter-karakter yang berbeda, bersatu, ketemu dalam lapas yang tertutup ya, yang mereka ruang geraknya terbatas gitu kan, jadi apa lagi sudah 1,5 tahun lebih mereka tidak bisa ketemu langsung dengan keluarganya," jelasnya.

"Jadi terjadi kesalahpahaman, dua-duanya sama-sama salah, dua-duanya sama-sama ada benarnya, jadi tidak bisa titikberatkan pada satu orang saja, masing-masing ada salahnya dan semua dua-duanya sudah mengakui memiliki kesalahan," lanjutnya.

Rika memastikan kini keduanya akan menjalani pembinaan lebih lanjut. Dia menyebut keduanya akan dibina terkait peraturan yang berlaku di dalam lapas.

"Yang pasti pembinaan adalah kita mengarahkan mereka menjadi orang yang tahu peraturan, itulah tantangannya. Bukan hanya kepada Habib dan Ryan, ke semua warga binaan diperlakukan seperti itu," tuturnya.(detik)



from Konten Islam https://ift.tt/3AVOhs3
via IFTTT
Back to Top