Ibu Ryan Jombang Sebut Putranya Punya Bisnis Katering di Penjara

Artikel Terbaru Lainnya :

Ibu Ryan Jombang Sebut Putranya Punya Bisnis Katering di Penjara 

KONTENISLAM.COM - Masalah utang Rp 10 juta diduga memicu Habib Bahar bin Smith tega melayangkan bogem mentah ke wajah Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang. Ibu Ryan, Kasiatun (68) menyebut putranya mempunyai penghasilan dari berbisnis katering di dalam penjara.

Kasiatun mengatakan, Ryan mempunyai penghasilan sendiri selama mendekam di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jabar. Menurut dia, terpidana kasus mutilasi itu menekuni bisnis katering di dalam penjara.

"(Jualnya ke siapa?) Ya ke napi-napi itu. Banyak yang pinjam, itu sudah tak larang kok. (Jadi, Ryan punya usaha?) Iya di dalam. (Apakah usaha Ryan sendiri?) Usaha sendiri, kalau tidak usaha siapa Mas jauh-jauh, ibunya ga punya. Kalau mau ke sana sulit cari uang," kata Kasiatun kepada wartawan di rumahnya, Desa Jatiwates, Tembelang, Jombang, Jumat (20/8/2021).

Ibu tiga anak ini mengaku belum pernah merasakan kiriman uang dari Ryan yang ia sebut menjalankan bisnis jasa boga di dalam penjara. Karena ia tak sampai hati menerima uang jerih payah putra bungsunya tersebut.

"Sebetulnya (Ryan Jombang) ya mau kirim (uang) kalau dapat penghasilan, tapi saya ga mau. Kasihan Mas, biar saya yang di luar cari bisa, yang di dalam itu apa, saya itu ngerti," terangnya.

"Bukan utang, makanan gitu, dipinjam, terus nyaornya (bayarnya) sulit. Saya marahi, kamu jangan jualan banyak-banyak. Dikit-dikit asal jualannya habis, kamu dapat duit supaya pikirannya tenang," jelas Kasiatun saat ditanya detikcom apakah Ryan pernah cerita banyak yang berutang ke dirinya.

Namun, Kasiatun tidak mengetahui masalah utang piutang antara Ryan Jombang dengan Habib Bahar bin Smith. Dia juga belum tahu apa sejatinya persoalan yang memicu Habib Bahar diduga tega melukai putra bungsunya itu.

Nenek 6 cucu ini mengaku baru mengetahui Ryan menjadi korban tindak kekerasan di Lapas Gunung Sindur, dari sejumlah wartawan yang datang untuk mewawancarainya. Menurut Kasiatun, Ryan tidak bisa dihubungi melalui telepon maupun SMS selama 2 pekan terakhir. Ia terakhir kali membesuk Ryan Januari 2020.

Sebelumnya, Pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji mengatakan kliennya ditinju Habib Bahar di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Menurut Kasman, dugaan penganiayaan yang menimpa Ryan itu dipicu masalah uang. Habib Bahar disebut kerap meminjam uang kepada Ryan hingga totalnya mencapai Rp 10 juta.(detik)



from Konten Islam https://ift.tt/2WcZ2qQ
via IFTTT
Back to Top