Jokowi: Penyakit Adalah Masalah Bersama, Jadi Sehat Itu Agenda Bersama

Artikel Terbaru Lainnya :

Jokowi: Penyakit Adalah Masalah Bersama, Jadi Sehat Itu Agenda Bersama 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo menyebut kondisi pandemi yang sudah berlangsung setahun lebih ini, telah menimbulkan kesadaran baru di tengah masyarakat. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak hingga mengenai gaya hidup sehat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Presiden di sidang tahunan MPR/DPR/DPD RI. Hal lain yang menjadi kesadaran baru di masyarakat yakni seperti kebersihan lingkungan, olahraga, dan konsumsi makanan bernutrisi. Semua, kata Jokowi, sudah menjadi budaya masyarakat saat ini.

"Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas," kata Presiden Jokowi, dalam pidatonya, Senin 16 Agustus 2021.

Begitu juga kesadaran untuk divaksin. Pelayanan kesehatan dan pengobatan, menurutnya telah tumbuh di tengah-tengah masyarakat.

"Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama," kata Kepala Negara.

Pandemi lanjut Jokowi, juga telah menguatkan institusi sosial di masyarakat. Sehingga memperkuat modal sosial. Muncul kesadaran, bahwa jika ingin sehat maka warga yang lain juga harus tetap sehat.

"Jika ada seseorang yang tertular COVID-19, maka hal ini akan membawa risiko bagi yang lainnya. Penyakit adalah masalah bersama, dan menjadi sehat adalah agenda bersama," katanya.

Begitu juga dengan kapasitas lembaga negara dalam merespons pandemi, menurutnya semakin terkonsolidasi. Bekerja dengan responsif, juga semakin terlihat. Jokowi menekankan, penanganan pandemi harus tetap merujuk pada data, ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kerja sama antarlembaga, serta kepemimpinan yang responsif dan konsolidatif, menjadi kunci dalam menangani pandemi," katanya.[viva]



from Konten Islam https://ift.tt/3AKqCe5
via IFTTT
Back to Top