Setelah 13 Bulan di RS, Bayi Terkecil di Dunia Akhirnya Boleh Pulang

Artikel Terbaru Lainnya :

 

KONTENISLAM.COM - Bayi yang dianggap sebagai bayi terkecil di dunia saat dilahirkan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit di Singapura setelah 13 bulan menjalani perawatan intensif.

Kwek Yu Xuan hanya seberat 212 gram - setara dengan berat sebutir buah apel - dan sepanjang 24 cm saat dilahirkan.

Dia dilahirkan saat usia kandungan di bawah 25 minggu - jauh di bawah rata-rata kelahiran 40 minggu.

Pemegang rekor bayi terkecil di dunia sebelumnya adalah seorang bayi perempuan di AS yang memiliki berat 245 gram saat lahir pada tahun 2018, menurut Pendaftaran Bayi Terkecil di Universitas Iowa.

Ibu Yu Xuan melahirkannya melalui operasi sesar darurat empat bulan lebih cepat dari jadwal setelah dia didiagnosis dengan kondisi pre-eklampsia - sebuah kondisi tekanan darah tinggi berbahaya yang berisiko merusak organ vital dan berakibat fatal bagi ibu dan bayinya.

Yu Xuan kini sudah jauh lebih sehat dengan berat 6,3 kilogram.

Bayi perempuan ini memiliki "kesempatan bertahan hidup yang terbatas", menurut National University Hospital (NUH) Singapura, tempat dia dilahirkan.

"Melawan segala kemungkinan, dengan banyak komplikasi kesehatan yang dialaminya pada saat dilahirkan, dia telah menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya dengan kegigihan dan pertumbuhannya, menjadikannya bayi 'Covid-19' - secercah harapan di tengah kekacauan," ungkap RS melalui pernyataan tertulis.

Selama dirawat di rumah sakit, Yu Xuan diberikan berbagai jenis perawatan dan mengandalkan berbagai mesin untuk bertahan hidup.

Dokter mengatakan kesehatan dan pertumbuhannya berkembang baik di bawah perawatan mereka dan dia kini cukup sehat untuk dipulangkan.

Yu Xuan masih memiliki penyakit paru-paru kronis dan masih akan membutuhkan alat bantu bernapas di rumah. Meski begitu, para dokter di NUH berkata dia diharapkan membaik seiring waktu.

Ibunya, Wong Mei Ling, mengatakan kepada media lokal bahwa kelahiran dan ukuran Yu Xuan saat lahir mengejutkan, karena anak pertamanya - seorang anak laki-laki yang kini berusia empat tahun - lahir cukup bulan.

Orang tua Yu Xuan membayar biaya rawat inapnya yang lama melalui kampanye penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan S$366,884 (Rp3,89 miliar).[detik]



from Konten Islam https://ift.tt/3fSQGf8
via IFTTT
Back to Top