Tumbang Ryan Jombang Ditinju Habib Bahar Gegara Uang

Artikel Terbaru Lainnya :

Tumbang Ryan Jombang Ditinju Habib Bahar Gegara Uang 

KONTENISLAM.COM - Habib Bahar bin Smith kembali jadi sorotan. Bahar berselisih dengan tahanan lain, Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang, di Lapas Gunung Sindur. Bahar meninju Ryan gegara uang.

Kasman Sangaji, kuasa hukum Ryan Jombang, menjelaskan dugaan penganiayaan yang menimpa kliennya itu dipicu masalah uang. Bahar disebut kerap meminjam uang kepada Ryan Jombang hingga totalnya mencapai Rp 10 juta.

"Kalau permasalahan awalnya itu sebenarnya masalah sepele, jadi habib Bahar ini beberapa bulan lalu sering meminjam uang ke Ryan," ujar Kasman kepada detikcom, Rabu (18/8).

Namun, kata Kasman, uang tersebut ada yang dikembalikan dan tidak. Puncaknya beberapa waktu lalu, menurut dia, terpidana kasus pembunuhan berantai itu kesal lantaran Habib Bahar tak kunjung membayar uang yang dipinjam.

"Pinjam kadang diganti dan kadang tidak, cuman udah meminjam itu ketika Ryan meminta tidak dikasih.

Pada saat Ryan (meminta) nggak dikasih, dia (Ryan) melihat uang di atas meja. Karena Ryan kesal menagih tapi dia ada uang akhirnya Ryan ambil uang itu dibungkus pakai plastik dan dibuang ke tempat sampah," katanya.

Setelah itu, kata Kasman, Bahar marah. Namun posisi Ryan saat itu diam saja lantaran merasa bersalah sudah membuang uang tersebut. Bahkan Ryan sudah meminta maaf kepada Bahar.

Namun tiba-tiba setelah keluar dari masjid, Ryan Jombang dicegat Habib Bahar. Bahar langsung meninju Ryan. Akibatnya, Ryan mengalami luka.

"Ryan cuman diam saja, nggak ngomong. Cuma kan tindakan itu yang saya kecam," tutur Kasman.

Ichwan Tuankotta, kuasa hukum Habib Bahar, membenarkan adanya insiden tersebut. Namun dia membantah bila utang Rp 10 juta jadi pemicu Bahar memukul Ryan Jombang.

"Kita juga kan punya informasi bahwa habib tidak berutang, tidak mungkin lah habib berutang, pondoknya saja jelas, ada penghasilan keluarga dan muridnya. Artinya ada penghasilan lah habib ini, jadi kalau ada utang sama Ryan ya nggak masuk akal," tutur dia.

Ichwan menambahkan pihaknya saat ini masih melakukan pengecekan terkait kebenaran kabar tersebut. Dia juga masih akan mengecek apakah benar Bahar yang memukul atau orang lain.

"Kita belum tau soal itu makanya nanti coba kita cek atau mungkin kita juga nggak tau habib Bahar kan banyak murid juga di sana. Apakah habib yang mukul atau muridnya yang mukul. Kan tau sendiri di Lapas Gunung Sindur banyak banget kan, kita nggak tau kalau habib Bahar dicolek dikit sama Ryan kan mungkin muridnya ngamuk terus dilimpahkan kesalahannya ke habib Bahar makanya kita mau Tabayyun dulu nih dengan Habib Bahar," kata Ichwan.

Kalapas Gunung Sindur Mujiarto mengatakan insiden tersebut sudah diselesaikan secara internal. Menurut dia, perselisihan antar napi biasa terjadi.

"Sudah kami selesaikan, dalam arti, Ryan juga tidak keberatan. Memang dia yang salah, ada kesalahan lah, biasa di lapas," ucap Kalapas Gunung Sindur Mujiarto saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan perselisihan Habib Bahar vs Ryan Jombang berkaitan dengan permasalahan uang. Namun dia tak menjelaskan soal uang tersebut.

"Jadi di lapas itu memang sulit dihindari lah, tapi masalah itu sudah diselesaikan, dari Ryan juga sudah tidak keberatan," ucapnya.

"Masalah di lapas itu kan dari Sabang sampai Merauke, itu sulit dihindari ya, bukan boleh ya, makanya Ryan itu saya tanyakan, gimana dia," ujar Mujiarto.(detik)



from Konten Islam https://ift.tt/3iUvnM5
via IFTTT
Back to Top