Utusan Kremlin: Ghani Kabur Bawa Uang Berkoper-koper, Sebagian Ditinggalkan di Landasan karena Tidak Muat

Artikel Terbaru Lainnya :

Utusan Kremlin: Ghani Kabur Bawa Uang Berkoper-koper, Sebagian Ditinggalkan di Landasan karena Tidak Muat 

KONTENISLAM.COM - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, yang dilengserkan Taliban, dilaporkan melarikan diri dengan  empat mobil dan sebuah helikopter serta membawa uang tunai berkoper-koper.

Klaim itu dikemukakan oleh seorang sumber yang kemudian disampaikan Juru Bicara Kedutaan Rusia Nikita Ishchenko, kepada media.

“Empat mobil itu penuh dengan uang. Namun, uang itu tidak bisa muat semua di Helikopter, mereka pun meninggalkan sebagiannya di lantai landasan," ujar Ishchenko.

Ghani meninggalkan Kabul pada Minggu saat Taliban menyerbu ke ibukota Afghanistan. Kementerain Luar Negeri Tajikistan telah membantah laporan media yang menyebutkan Ghani menjejakkan kaki ke negara itu. Hingga saat ini tidak ada yang mengetahui keberadaan Ghani dengan pasti.

Perwakilan khusus Presiden Rusia  untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, menggambarkan pelarian Ghani dari Kabul adalah hal yang memaliukan. Sudah seharusnya Ghani diadili dan dimintai pertanggungjawaban oleh rakyat Afghanistan karena meninggalkan mereka dengan cara yang tidak layak.

Ia juga menyinggung kemungkinan bahwa Ghani dan pejabat pemerintah  telah menggelapkan sejumlah besar uang.

“Saya berharap pemerintah yang kabur tidak mengambil semua uang APBN. Ini akan menjadi landasan anggaran jika ada yang tersisa,” kata Kabulov kepada stasiun radio Ekho Moskvy di Moskow, seperti dikutip dari Independent, Senin (16/8). (RMOL)



from Konten Islam https://ift.tt/3mnqaif
via IFTTT
Back to Top