Luhut Jadi Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Rocky Gerung: Kita Tunggu Peluncuran Esemka!

Artikel Terbaru Lainnya :

Luhut Jadi Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Rocky Gerung: Kita Tunggu Peluncuran Esemka! 

KONTENISLAM.COM - Luhut Binsar Pandjaitan baru saja ditunjuk jadi Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia berdasarkan Keppres yang diteken Presiden Jokowi.

Penunjukan Luhut jadi Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia turut menuai perhatian dari pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung.

Rocky Gerung mengatakan, banyak orang menanti-nantikan janji Presiden Jokowi terkait mobil Esemka yang dipromosikan saat kampanye Pilkada DKI Jakarta tahun 2012 lalu.

"Orang kan nunggu janji presiden, jadi akhirnya Pak Luhut bisa memastikan Esemka sebagai produk Indonesia segera diluncurkan, dan ada panitia untuk membangga-banggakan produk Esemka," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Selasa, 21 September 2021.

Rocky Gerung mengatakan, selama ini Indonesia cenderung hanya menjadi tempat perakitan bagi produk-produk dari luar negeri (dalam hal ini penekanan pada produk otomotif dan elektronik).

Menurutnya, menjadi negara perakit tak memiliki prestige yang tinggi dibandingkan jika Indonesia menjadi negara produsen.

"Kalo soal lain ya orang menganggap 'Apa yang dibuat?'. Kan Indonesia jadi tempat perakitan doang, kan gak bisa disebut bangga hasil rakitan Indonesia," ujarnya.

Rocky Gerung menegaskan kembali bahwa masyarakat Indonesia selalu ingat dengan mobil Esemka yang sempat jadi ajang pencitraan Presiden Jokowi saat Pilgub DKI 2012.

Sehingga dengan ditunjuknya Luhut sebagai Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia, banyak orang menanti-nantikan realisasi Presiden Jokowi terkait mobil Esemka yang dijanjikan dengan harga yang sangat murah apabila dibandingkan dengan mobil pabrikan luar negeri yang selama ini digunakan banyak orang.

"Satu hal yang diingat publik, buatan Indonesia itu adalah Esemka. Jadi netizen bersiap-siap bahwa ada Esemka dengan harga yang pasti sangat murah," katanya.

Rocky Gerung mengingatkan kepada Presiden Jokowi agar nasib Esemka tak berakhir seperti jagung yang dijanjikan kepada Suroto.

Sebab menurut dia, selama ini Presiden Jokowi cenderung tak memiliki persiapan matang meski telah menjanjikan sesuatu.

"Lalu ada juga nasibnya kayak Pak Suroto, bahwa disiapin jagung jagungnya belum nyampe, masalahnya begitu selalu. Oke kita tunggu aja sebetulnya apa yang membuat kita bangga," ujar dia.

Rocky Gerung berpendapat, selama ini banyak orang berharap adanya diskon dari barang impor yang mereka inginkan untuk dibeli.

Hal itulah yang kemudian mendasari pemerintah untuk meluncurkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia, namun yang perlu diperhatikan adalah realisasi dari gerakan tersebut.

"Selama ini kita dibuat bangga karena sebagai konsumen selalu berharap ada impor yang diberi kortingan tuh, jadi mungkin karena itu pemerintah menganggap 'Oke, sekarang kita buat aja produk'. Jadi kita tunggu apa sebetulnya barangnya," tuturnya. [pikiran-rakyat]



from Konten Islam https://ift.tt/3nQVwhL
via IFTTT
Back to Top