Pembuat Mural Mengaku Takut UU ITE, Akhirnya Pilih Gambar Tembok

Artikel Terbaru Lainnya :

Pembuat Mural Mengaku Takut UU ITE, Akhirnya Pilih Gambar Tembok 

KONTENISLAM.COM - Salah satu pembuat mural, Gusman Maulana Sidik bercerita alasan banyak orang membuat mural kritik terhadap pemerintah. Menurutnya, mereka takut dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Kenapa akhirnya bergeser di fasilitas publik, karena kita tahu ada UU ITE yang bikin kita takut juga. Ada beberapa aktivis, senior dan mahasiswa ini ditangkap," ujar Gusman dalam diskusi virtual, Minggu (9/5/2021).

Gusman mengaku masih berstatus sebagai mahasiswa. Dia membuat mural kritik pemerintah di Jl Braga, Kota Bandung.

Gusman menyebut, banyak akun media sosial yang semula dijadikan wadah untuk berekspresi diretas oleh aparat. Jika terus bersuara di media sosial, mereka akan ditindak oleh petugas karena dinilai melanggar UU ITE.

"Pada akhirnya diretas, harusnya negara melindungi, malah diretas dan ditangkap. Ya karena di media pribadi ini sudah nggak aman, bisa di-tracking, pemerintah punya SDM dan teknologi bisa tracking itu. Rezim hari ini agak mirip rezim Orde Baru gitu," katanya.

Menurutnya, alasan penghapusan mural karena dinilai provokatif dan mengandung ujaran kebencian tidak tepat dilayangkan pada karya seni mereka. Gusman bilang, aparat sendiri pun sempat gagal paham soal makna mural yang mereka buat.

"Kalau dianggap provokatif, kebencian, ini kan nggak juga, apalagi pemerintah sendiri gagal paham, itu lambang negara menurut pasal 36A dan pasal 2 UUD 45 lambang negara kan garuda pancasila, bendera, bahasa, Bhinneka Tunggal Ika dan lagu kebangsaan," katanya.

Lanjut Gusman, pemerintah harusnya bisa melindungi suara masyarakat, karena demokrasi akan berjalan jika terdapat kritik di dalamnya.

"Pemerintah ini begitu takut terhadap kritik sehingga kita akan terus berjuang apapun caranya. Yang jelas, kritikan akan terus dilakukan, kita tidak bisa diam, hal ini harus terus disuarakan," kata Gusman.[detik]



from Konten Islam https://ift.tt/3n6Oe9s
via IFTTT
Back to Top