Viral Masjid Meledak Tewaskan 20 Orang di Aceh, Ini Faktanya

Artikel Terbaru Lainnya :

Viral Masjid Meledak Tewaskan 20 Orang di Aceh, Ini Faktanya 

KONTENISLAM.COM - Beredar foto dengan narasi masjid meledak dan menewaskan 20 jemaah yang sedang menuaikan ibadah salat Jumat di Aceh.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook Mila Ol. Ia membagikan sebuah tautan artikel dari situs lanjutbaja.site.

Artikel ini berjudul “Innalillahi, Masjid Meledak Saat Waktu Sholat Jumat, Sebanyak 20 Jamaah Meninggal Dunia, Semoga Husnol Khotimah Aminn”. Artikel juga dilengkapi dengan foto sebuah masjid yang kubahnya terbakar.

Postingan ini telah disukai sebanyak 1 kali dan dikomentari 1 kali.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

“Innalillahi, Masjid Meledak Saat Waktu Sholat Jumat, Sebanyak 20 Jamaah Meninggal Dunia, Semoga Husnol Khotimah Aminn”

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi masjid meledak dan menewaskan 20 jemaah yang sedang menuaikan ibadah salat Jumat di Aceh tidak benar.

Kabar ini sudah pernah beredar sejak bulan Juli 2021. Untuk diketahui, foto kubah masjid yang terbakar tersebut merupakan foto kebakaran Masjid Taqarrub di Gampung Alue Bungkoh, Aceh Utara pada 28 Desember 2019.

Kebakaran tersebut diduga akibat korselting listrik dari salah satu ruko yang berkonstruksi papan. Peristiwa itu membuat 10 unit ruko ludes terbakar.

Selain itu, kubah utama Masjid Taqarrub yang berada didekat deretan ruko tersebut juga ikut terbakar. Dilaporkan 1 orang korban luka dari 35 korban kebakaran tersebut.

Sedangkan kejadian yang dimuat dari halaman artikel, di mana masjid diklaim meledak pada saat shalat Jumat juga tidak benar. Berita ledakan dalam artikel itu terjadi di sebuah masjid Narayanganj saat salat Isya, 7 September 2020.

Ledakan disebabkan oleh AC (Air Conditioner) di masjid tersebut. Akibat peristiwa itu, puluhan orang dilarikan ke rumah sakit khusus luka bakar dan operasi plastik milik pemerintah di Dhaka, Bangladesh.

Sebanyak 24 orang tewas dan setidaknya 37 orang dengan luka bakar hingga 90 persen.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi masjid meledak dan menewaskan 20 jemaah yang sedang menuaikan ibadah salat Jumat di Aceh adalah hoaks.

Narasi itu termasuk dalam kategori koneksi yang salah atau false connection.[suara]



from Konten Islam https://ift.tt/3kP9DkH
via IFTTT
Back to Top