Warga Aceh Amuk Lokasi Vaksin, Anggota DPR Duga Ada Miskomunikasi

Artikel Terbaru Lainnya :

Warga Aceh Amuk Lokasi Vaksin, Anggota DPR Duga Ada Miskomunikasi  

KONTENISLAM.COM - Anggota Komisi IX DPR fraksi PDIP, Rahmad Handoyo, menyayangkan peristiwa sejumlah warga mengamuk dan mengacak-acak lokasi vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya, Aceh. Dia menilai ada miskomunikasi.

"Saya kira ini kita sayangkan terhadap insiden ini, namun satu sisi kita sambut baik di sana sudah kondusif karena juga aparat di sana persuasif," kata Handoyo saat dihubungi, Selasa (28/9/2021).

Dia menduga ada miskomunikasi yang terjadi di di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga tersebut.

Namun, menurutnya tidak ada hubungan antara vaksinasi dengan sepinya pengunjung pasar Ikan di Aceh.

"Saya kira ada miskomunikasi sehingga masyarakat di sana belum tahu betul terhadap manfaat, terhadap vaksin.

Sebenarnya tidak ada hubungannya antara vaksinasi dengan kejadian berkurangnya atau sepi pengunjung. Ya saya kira maklum ya ketika di sana pada vaksin, kemudian tempatnya itu menjadi sepi sehingga terjadi miskomunikasi," ucapnya.
 
Sarankan Sosialisasi Sebelum Gelar Vaksinasi
Lebih lanjut, Handoyo menyebut memang masih banyak masyarakat di daerah yang belum memahami terkait vaksinasi Corona.

Dia menyarankan agar ada sosialisasi menyeluruh kepada masyarakat sebelum digelar vaksinasi untuk menghindari kejadian serupa.

"Masih ada masyarakat yang belum tahu betul terhadap apa itu vaksin, apa itu manfaatnya vaksin, padahal itu sangat besar sekali manfaatnya kan. Meskipun secara langsung tak ada hubungannya antara vaksinasi dan sepinya itu pengunjung di PPI. Tapi itulah selesai saya kira, jadi pengalaman berharga kepada TNI-Polri," jelasnya

"Jadi pengalaman berharga ketika nanti proses vaksinasi di daerah yang lain, khususnya yang belum tersosialisasi dengan baik manfaat dan fungsinya vaksin, kepada masyarakat yang belum paham ya lebih dibumikan lagi, sebelum proses terjadi kegiatan vaksin ya disosialisasi, diedukasi, yang persuasif, dan betapa pentingnya vaksin," lanjutnya.

Warga Aceh Acak-acak Lokasi Vaksinasi
Sebelumnya, sejumlah warga di PPI Ujong Serangga mengacak-acak lokasi vaksinasi Corona. Momen itu terekam video dan viral di medsos.

Terlihat massa berkumpul di lokasi yang dijadikan tempat vaksinasi. Di sana, beberapa orang tampak merusak meja. Masker dan kertas dokumen berserakan di lokasi.
 
Beberapa petugas keamanan mencoba menenangkan massa. Terdengar teriakan 'hidup masyarakat' dari sejumlah warga. Insiden itu disebut terjadi pagi tadi.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya, Safliati, mengatakan vaksinasi di lokasi tersebut digelar oleh pihak Puskesmas Sangkalan dan Muspika setempat. Dia menyebut aksi protes itu tidak berlangsung lama.

"Tadi waktu saya tiba di lokasi, kejadiannya sudah selesai. Petugas kita juga sudah dibawa ke Polres," kata Safliati saat dimintai konfirmasi.

Dia menyebut ada delapan petugas kesehatan yang melakukan vaksinasi Corona di lokasi. Mereka dibawa ke Polres karena syok serta untuk dimintai keterangan.

"Petugas kita baik-baik saja, mungkin tadi ada yang syok," jelas Safliati.(detik)



from Konten Islam https://ift.tt/3m0YePe
via IFTTT
Back to Top