Erick Thohir Diduga 'Bohongi' Masyarakat Soal Perolehan Laba BUMN

Artikel Terbaru Lainnya :

Erick Thohir Diduga 'Bohongi' Masyarakat Soal Perolehan Laba BUMN 

KONTENISLAM.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir mendapatkan pukulan ketika mantan sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu mengungkap fakta tak terduga tentang laba perusahaan milik negara itu.

Erick Thohir diklaim membohongi masyarakat dengan pengumuman laba yang diperoleh BUMN.

Sebelumnya, Erick Thohir mengungkapkan jika BUMN mengalami pelonjakan laba sebesar 350 persen untuk tahun 2020-2021.

Namun, dilansir dari YouTube MSD, Said Didu membantah perhitungan tersebut.

Bahkan, Said Didu mengungkapkan fakta tak terduga tentang laba yang diperoleh BUMN.

"Publik harus paham, angka itu pada 2020 laba hanya RP6 triliun untuk satu semester dan sekarang naik menjadi Rp26 tirliun. Padahal, laba BUMN biasanya satu semester sudah mendekati angka Rp100 triliun," kata Said Didu.

Menurut Said Didu, jika dengan perhitungan laba BUMN saat ini, berarti keuntungan yang diperoleh hanya sebesar 20 persen dari biasanya yang bisa mencapai Rp100 triliun.

"Ini cara memainkan angka untuk menghipnotis masyarakat. Tugas saya adalah mengawasi kebohongan-kebohongan tersebut bahwa ini pengelabuan," ujar Said Didu.

Selain itu, Said Didu juga menyinggung terkait publikasi keuntungan dari PT Freeport.

Erick Thohir menyampaikan keuntungan yang diperoleh PT Freeport tetapi bukan dalam bentuk angka pasti, melainkan persentase.

"Sama seperti kemarin menyatakan bahwa tahun lalu laba PT Freeport naik dua kali lipat. Dia tidak tahu bahwa tahun lalu PT Freeport hampir tidak berproduksi dan dia tidak menyebutkan angkanya. Ini pengelabuan-pengelabuan yang sering dilakukan," ucap Said Didu. [pikiran-rakyat]



from Konten Islam https://ift.tt/3pa7ZxM
via IFTTT
Back to Top