Malaysia Langsung Ambil Tindakan Tegas Usai Lihat Kapal China Masuki Wilayah Perairan Mereka

Artikel Terbaru Lainnya :

Malaysia Langsung Ambil Tindakan Tegas Usai Lihat Kapal China Masuki Wilayah Perairan Mereka 

KONTENISLAM.COM - Kuala Lumpur pada Senin malam (4/10) memanggil utusan Beijing untuk Malaysia sebagai protes setelah kapal-kapal China memasuki zona ekonomi eksklusif (ZEE) Malaysia di Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan antara kedua negara.

Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan, pemerintah memanggil Duta Besar China untuk Malaysia Ouyang Yujing untuk menyampaikan posisi negaranya dan memprotes keberadaan dan aktivitas kapal China, termasuk kapal survei di ZEE Malaysia.

Kementerian menuduh China melanggar hukum dalam negeri dan internasional dengan menghadirkan kapal-kapalnya di perairan lepas pantai negara bagian Sabah dan Sarawak, Malaysia yang terletak di Pulau Kalimantan.

“Posisi dan tindakan konsisten Malaysia didasarkan pada hukum internasional, dalam membela kedaulatan dan hak berdaulat kami di perairan kami,” kata Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam sebuah pernyataan, melansir Strait Times, Selasa 5 Oktober 2021.

Langkah tersebut adalah yang kedua kalinya di tahun ini Malaysia memanggil utusan Beijing untuk memprotes aktivitas China terkait dengan perairan yang diperebutkan itu.

Sebelumnya pada bulan Juni lalu, Malaysia mengerahkan jet tempur untuk mencegat 16 pesawat militer China yang terbang di dekat langit Kalimantan di atas Laut China Selatan.

Diketahui Malaysia memiliki klaim teritorial yang tumpang tindih dengan China di Laut China Selatan.

Malaysia menuduh China melanggar kedaulatannya dengan mengerahkan pesawat maupun kapal militernya, sementara Beijing mengatakan penerbangan itu adalah latihan rutin.

Hubungan Malaysia dengan China biasanya terjalin dengan hangat.

Namun hubungan kedua negara telah terganggu dengan insiden-insiden di Laut China Selatan kemudian memicu ketegangan.

LCS merupakan jalur pelayaran utama dunia dan diyakini menyimpan cadangan minyak dan gas bumi yang kaya.

Laut China Selatan memang menjadi salah satu wilayah yang paling disengketakan di dunia.

Bagaimana tidak, sejumlah negara memiliki klaim teritorial yang tumpah tindih di laut tersebut, dari mulai China, Malaysia, Brunei, Filipina, Vietnam hingga Taiwan.

China sendiri telah mengklaim hampir semua Laut China Selatan dan telah membangun banyak pos militer di pulau-pulau kecil dan atol di wilayah tersebut, yang sudah pasti membuat geram banyak negara, terutama yang bersengketa di atas laut tersebut. [/hops]



from Konten Islam https://ift.tt/2WHD7Jd
via IFTTT
Back to Top