Pekan Mesra Jokowi-Prabowo: Saling Hormat hingga Cek Pasukan Komcad

Artikel Terbaru Lainnya :

Pekan Mesra Jokowi-Prabowo: Saling Hormat hingga Cek Pasukan Komcad 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menhan Prabowo Subianto tampak mesra dalam sepekan terakhir. Setelah hadir bersama di peresmian RS Jenderal LB Moerdani di Merauke, Jokowi dan Prabowo kini mengecek kesiapan pasukan Komponen Cadangan (Komcad) di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Saling Hormat Jokowi dan Prabowo di Papua

Prabowo sebelumnya memposting foto di Instagram saat dia hormat ke Presiden Jokowi di Merauke, Papua. Foto Jokowi dan Prabowo saling hormat itu diunggah di akun Instagram @prabowo, seperti dilihat pada Minggu (3/10/2021). Jokowi tampak mengenakan kemeja berwarna putih dan Prabowo memakai kemeja berwarna cokelat.

"Tanah Miring, Kabupaten Merauke," tulis Prabowo.

Momen itu terjadi saat Jokowi dan Prabowo hadir dalam acara peresmian Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani. Hadir juga Ketua DPR Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi dalam sambutannya berharap rumah sakit tersebut memberikan manfaat bagi warga.

"Alhamdulillah pada sore hari ini pembangunan rumah sakit Jenderal TNI LB Moerdani sudah selesai dan siap dimanfaatkan untuk melayani masyarakat utamanya masyarakat di Kabupaten Merauke. Rumah sakit ini dibangun sangat cepat sekali, kurang-lebih 20-an hari," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan rumah sakit ini awalnya dibangun untuk mempercepat penanganan COVID-19. Selain itu, rumah sakit bisa dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Papua dan untuk melayani seluruh masyarakat Papua.

"Saya melihat rumah sakit ini memiliki fasilitas yang lengkap, ada ruang rawat inap, isolasi karantina laboratorium IGD, OK dan radiologi dan juga farmasi sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan-penanganan masyarakat yang sakit, dengan pelayanan kesehatan yang cepat, dan mudah dan terjangkau," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, di masa pandemi ini, fasilitas kesehatan di semua negara sanga dibutuhkan. Fasilitas kesehatan terutama dibutuhkan bagi masyarakat di daerah yang sulit terjangkau.

"Saya berpesan agar rumah sakit ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman," ujar Jokowi.

Jokowi dan Prabowo di Penetapan Komcad

Selang beberapa hari, Jokowi dan Prabowo kembali tampil bersama. Kini keduanya menghadiri upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021 di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pantauan detikcom melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/10/2021), upacara dimulai pukul 08.30 WIB. Upacara diawali dengan marching band melantunkan lagu 'Indonesia Raya'.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan laporan komandan upacara kepada Jokowi. Setelah mendapatkan laporan dari komandan upacara, Jokowi pun memeriksa pasukan Komcad TNI.

Tak sendirian, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya tampak mengenakan setelan jas dan masker.

Jokowi memeriksa kesiapan pasukan dengan menumpangi mobil jip terbuka 'Indonesia 1' yang dikendarai anggota TNI perempuan. Jokowi dan Prabowo pun tampak diajak berkeliling mengecek kesiapan pasukan Komcad.

Setelah memeriksa kesiapan pasukan, Jokowi kembali ke mimbar upacara. Acara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan laporan Menhan Prabowo.

Komponen Cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi Komponen Cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI dan di bawah kendali Panglima TNI.[detik]



from Konten Islam https://ift.tt/3aoJ68J
via IFTTT
Back to Top