Semprot Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota Baru, Rizal Ramli: Buat Rakyat Indonesia atau Buat Beijing Baru?

Artikel Terbaru Lainnya :

Semprot Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota Baru, Rizal Ramli: Buat Rakyat Indonesia atau Buat Beijing Baru? 

KONTENISLAM.COM - Ekonom senior Rizal Ramli baru-baru ini kembali memberikan kritik terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemindahan ibu kota baru.

Rizal Ramli mengatakan bahwa memindahkan ibu kota baru di masa sulit seperti sekarang ini justru hanya menyusahkan rakyat dan menghabiskan biaya.

Karena menurutnya, pemindahan ibu kota baru yang rencananya akan dipindah ke Kalimantan Timur ini justru dinilai menyusahkan rakyat.

“Pertanyaannya siapa yang mau tinggal disitu? Pejabat yang gajinya pas-pasan masak mau tinggal disitu, kecuali pejabat korup,” kata Rizal Ramli seperti dikutip dari Youtube Fadli Zon pada 4 Oktober 2021.

Menurut Rizal Ramli, pemindahan ibu kota baru di Kalimantan Timur justru dinilai tidak efektif dan malah banyak merugikan.

Pasalnya, saat ibu kota dipindah ke Kalimantan Timur tidak akan banyak perusahaan yang mau membangun usahanya disana, kecuali dipaksa.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman era SBY itu juga mengatakan bahwa pindahnya ibu kota baru ke Kalimantan Timur justru menguntungkan orang China.

“Kalau perusahaan-perusahaan real estate besar, gak akan mau main real estate di Kalimantan Timur kecuali dipaksa, nah yang tertarik untuk itu adalah BUMN China, untuk beli tanah disitu, bangunin ibu kota baru, tapi penghuninya siapa?,” ujar Rizal Ramli.

Rizal Ramli beranggapan bahwa nantinya penduduk yang akan menempati ibu kota baru di Kalimantan Timur justru kebanyakan warga dari China dan bukan warga pribumi. Hal ini karena, banyak rakyat China yang tertarik untuk membuat perusahaan di Kalimantan Timur.

Menurut Rizal Ramli, pemindahan ibu kota di Kalimantan Timur justru akan menjadi ibu kota Beijing Baru dan bukan ibu kota Indonesia baru.

“Itu bisa jadi ibu kota baru, tapi ibu kota Beijing baru, bukan ibu kota Republik Indonesia baru,” tegasnya.

Lebih lanjut, Rizal Ramli meminta Presiden Jokowi menjelaskan mengenai tujuan jelasnya untuk memindahkan ibu kota baru ke Kalimantan Timur.

“Jadi saya mohon maaf, pakde Jokowi tolong jelaskan, siapa yang bakal tinggal di ibukota baru ini, saya nganggep ini ibu kota Beijing baru,” ujar Rizal Ramli.

“Kita ini mau bangunin ibu kota buat siapa? Apakah betul buat rakyat kita, apakah betul buat bangsa kita, apakah kita siapkan untuk Beijing baru? Yang jelas aja deh Pak Jokowi, ngomong apa adanya aja dah,” tandasnya. [pikiran-rakyat.]



from Konten Islam https://ift.tt/3Ddx4f5
via IFTTT
Back to Top