Zambia Konfirmasi Berutang $6 Miliar ke China

Artikel Terbaru Lainnya :

 

KONTENISLAM.COM - Pemerintah baru Zambia telah mengungkapkan bahwa negaranya berutang kepada China lebih dari $6 miliar.

Sejak kekalahan Presiden Edgar Lungu pada bulan Agustus, muncul banyak spekulasi seputar utang negara.

Presiden yang baru, Hakainde Hichilema, bulan lalu mengatakan kepada BBC bahwa dia mewarisi peti harta “kosong” dan situasi utang “belum sepenuhnya diungkap” oleh pemerintahan sebelumnya.

Untuk pertama kalinya 1998, Zambia tahun lalu terperosok ke dalam resesi. Negara itu juga gagal memenuhi jadwal pembayaran utang.

Hasil studi terbaru oleh lembaga berbasis di Amerika Serikat China Africa Research Initiative menunjukkan bahwa utang Zambia terhadap China hampir dua kali lipat dari apa yang diungkapkan di atas oleh pemerintahan Edgar Lungu, lansir BBC Jumat (8/10/2021).

Sekarang, angka yang disodorkan China Africa Research Initiative telah dikonfirmasi sendiri oleh otoritas Zambia. Secara keseluruhan, negara itu memiliki utang $14,5 miliar kepada para krediturnya, lapor kantor berita AFP mengutip  perkataan Menteri Keuangan Situmbeko Musokotwane.

Negara itu sudah menggelar pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional (IMF)  restrukturisasi utang, lapor AFP.*[hidayatullah]



from Konten Islam https://ift.tt/3AGihrH
via IFTTT
Back to Top