Biang Kerok Diungkap Jokowi Saat Banjir Masih Kepung Sintang

Artikel Terbaru Lainnya :

 Biang Kerok Diungkap Jokowi Saat Banjir Masih Kepung Sintang  

KONTENISLAM.COM - Banjir di Sintang, Kalimantan Barat, menjadi topik populer yang diperbincangkan publik belakangan ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap penyebab banjir tersebut adalah kerusakan lingkungan hujan.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (16/11/2021). Jokowi mengatakan kerusakan di daerah tangkapan hujan sudah terjadi lama.

"Ya itu memang karena kerusakan catchment area, daerah tangkapan hujan yang sudah berpuluh-puluh tahun," kata Jokowi.

Jokowi pun memastikan akan memperbaiki kerusakan lingkungan di daerah tangkapan hujan tersebut. Mulai tahun depan, kata dia, pembangunan persemaian atau nursery akan dilakukan. Persemaian itu dibangun agar tangkapan hujan berfungsi normal kembali.

"Ya, itu yang harus kita hentikan, karena memang masalah utamanya ada di situ. Kapuas meluber karena daerah tangkapan hujannya rusak. Itu yang nanti kita perbaiki. Nanti akan mulai mungkin tahun depan kita bangun nursery, persemaian, sehingga ada penghijauan kembali di daerah-daerah hulu, di daerah-daerah tangkapan hujan, di catchment area. Kita perbaiki karena memang kerusakannya ada di situ," papar Jokowi.

Hujan Ekstrem
Selain itu, menurut Jokowi, banjir di Kabupaten Sintang dan sekitarnya terjadi lantaran hujan yang lebih ekstrem dari biasanya.

"Dan kedua memang ada hujan yang lebih ekstrem dari biasanya," ungkap dia.

Jokowi Bakal Tinjau Banjir di Sintang
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meninjau lokasi banjir di kawasan Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Basuki akan pergi ke Sintang terlebih dahulu.

"Tadi udah lapor Presiden. Karena besok, Rabu (17/11) sidang kabinet, saya baru ke sana hari Kamis (18/11). Beliau (Jokowi) juga menyampaikan mau ke sana, tapi saya mengatur jadwalnya dulu. Saya mungkin duluan," kata Basuki di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11).


"Saya sampaikan, saya akan ke sana cuma mau mengatur jadwalnya, saya baru bisa ke sana Kamis," sambung Basuki.

Senada dengan Jokowi, Basuki juga mengatakan banjir itu terjadi karena kondisi area di sana sudah berubah fungsi menjadi perkebunan. Artinya, daerah resapan air berkurang.

"Sebagaimana yang disampaikan Pak Presiden tadi, kondisi area di sana berubah fungsi menjadi kebun. Bayangkan Sungai Kapuas panjang 1.100 kilometer dengan total luas catchment area yang sudah berubah fungsi," paparnya.

Selain itu, curah hujan menjadi faktor penentu meluapnya Sungai Kapuas. "Kedua curah hujan ekstrem sehingga Kapuas meluap. Biasanya segera akan surut mungkin dengan adanya pasang laut kemungkinan itu," tuturnya.(detik)



from Konten Islam https://ift.tt/3nkepJo
via IFTTT
Back to Top