Indonesia Disorot Soal Climate Change dan Deforestasi, Rizal Ramli: Inilah Akibatnya Kalau SDA Dikelola Ugal-ugalan!

Artikel Terbaru Lainnya :

Indonesia Disorot Soal Climate Change dan Deforestasi, Rizal Ramli: Inilah Akibatnya Kalau SDA Dikelola Ugal-ugalan! 

KONTENISLAM.COM - Indonesia saat ini sedang disorot terkait perubahan iklim dan deforestasi.

Hal tersebut berkaitan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada KTT G20 dan komentar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya

Jokowi menyampaikan pidatonya pada KTT G20 terkait deforestasi yang terjadi di Indonesia.

Sementara itu, Siti Nurbaya menyampaikan jika pembangunan di Indonesia harus tetap dilanjutkan meskipun ada deforestasi.

Pernyataan tersebut kini menjadi perhatian publik, pasalnya, beberapa wilayah Kalimantan yang sebelumnya tidak pernah banjir, kini kebanjiran dan memakan waktu lama untuk surut.

Selain Kalimantan, Bromo yang sebelumnya aman dari banjir, kini juga menjadi salah satu wilayah yang kebanjiran.

"Itu akibat pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang ugal-ugalan yang akhirnya menciptakan social injustice. Rakyat kebanjiran, kehilangan sumber pendapatan, dan lain-lain. Termasuk pekerja yang bekerja di tambang batu bara masuk ke badan pekerjanya mungkin enggak ada perlindungan," kata Rizal Ramli dikutip dari YouTube miliknya.

Menurut Rizal Ramli, ketika membahas perubaham iklim, tidak bisa hanya mengenai angka-angka perubahan suhunya.

Pasalnya, dengan perubahan iklim akan banyak sektor-sektor yang terdampak.

"Kita bahas perubahan iklim itu bukan hanya dari segi teknis. Suhu naik berapa, angka-angka begini, global warming. Perubahan iklim itu kita kaitkan dengan social justice," ujar Rizal Ramli.

Rizal Ramli memberi peringatan jika pengelolaan SDA yang ugal-ugalan akan berdampak besar kepada generasi muda yang mengancam kesehatan masyarakat.

"Mari kita sama-sama memperjuangkan keadilan di dalam pengelolaan SDA dengan cara keadilan agar manfaat SDA betul-betul untuk rakyat Indonesia, sesuai dengan UUD 1945. Pengelolaan SDA harus hati-hati supaya lingkungan itu jadi lebih baik tidak menimbulkan masalah sosial dan social justice," tuturnya. [pikiran-rakyat]



from Konten Islam https://ift.tt/30sKx4E
via IFTTT
Back to Top