Ketika Anies 'Cas Cis Cus' di Forum C40, Usulkan 3 Rencana Aksi Iklim kepada Pimpinan Kota Dunia

Artikel Terbaru Lainnya :

Ketika Anies 'Cas Cis Cus' di Forum C40, Usulkan 3 Rencana Aksi Iklim kepada Pimpinan Kota Dunia 

KONTENISLAM.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi pembicara dalam Steering Committee Meeting C40 Cities Climate Leadership Group (C40).

Forum rapat pengarahan tersebut merupakan side event dari Konferensi Tingkat Tinggi COP26 di Glasgow, Inggris, Senin (1/11/2021) malam WIB.

Anies menyampaikan bahwa Jakarta telah menyelesaikan rencana aksi iklim secara serius, melalui Peraturan Gubernur No 90 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim.

Regulasi ini menjadi dasar kuat untuk implementasi aksi iklim yang berkelanjutan ke depan.

“Jakarta akhirnya menyelesaikan rencana aksi iklimnya yang ambisius. Melalui penetapan regulasi sebagai dasar yang lebih kuat untuk implementasi aksi iklim sekaligus upaya untuk melaksanakan misi besar C40, untuk mendorong kota-kota di dunia menyelesaikan rencana aksi iklim mereka,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Anies juga mengapresiasi peran Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti sebagai pimpinan C40 yang telah memberikan dukungan dalam perumusan rencana aksi iklim di Jakarta dan kota-kota dunia lainnya, sehingga memperluas jaringan C40 ke lebih dari 40 kota di dunia.

Gubernur Anies juga memberikan selamat kepada Wali Kota London, Sadiq Khan yang menjadi pimpinan baru C40 untuk lebih mendorong kota-kota di dunia agar berkontribusi aktif dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Kami juga percaya bahwa Wali Kota Khan, sebagai ketua terpilih yang baru, akan terus mengadvokasi lebih banyak kota untuk memiliki rencana aksi iklim yang lebih ambisius dan mendorong peran penting kota dalam wacana perubahan iklim,” terangnya.

Kota memiliki peran signifikan dan vital dalam menyukseskan agenda global mitigasi dan adaptasi perubahan ikilim untuk mengatasi dampak katastropik dari perubahan iklim.

Maka dari itu sumbangsih C40 dalam kegiatan KTT COP26 amat penting. Bahkan Gubernur Anies mengusulkan 3 (tiga) agenda bahasan yang dapat disampaikan jejaring C40 dalam forum COP26.

“Selanjutnya, dalam kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan tiga usul agenda negosiasi untuk jaringan kita di COP 26. Pertama, C40 perlu memimpin dan mendorong upaya kota dalam melakukan aksi iklim ke tingkat nasional, sebagaimana tercermin dalam Nationally Determined Contribution (NDC) masing-masing negara," katanya.

Kedua, C40  akan mendorong untuk mengembangkan arsitektur pendanaan iklim yang mampu membantu kota-kota untuk mengimplementasikan rencana aksi iklim.

Ketiga, mendorong  multi level governance di kota-kota yang mampu mengembangkan kolaborasi lintas sektor, lintas batas, dan lintas generasi. [/poskota]



from Konten Islam https://ift.tt/3w8VBQb
via IFTTT
Back to Top