Silsilah Keluarga Said Aqil Disebut Terafiliasi PKI, Forum Silaturahmi Pendukung Beri Penjelasan

Artikel Terbaru Lainnya :

Silsilah Keluarga Said Aqil Disebut Terafiliasi PKI, Forum Silaturahmi Pendukung Beri Penjelasan 

KONTENISLAM.COM - Anggota Forum Silaturahmi Pendukung Kiai Said Aqil Siraj, Ahmad Muqowam menampik kabar yang beredar di media sosial.

Muqowam menegaskan Said Aqil Siraj tak memiliki silsilah hubungan keluarga dengan Achmad Dasuki Siradj yang diketahui terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Nah tapi yang saya dapatkan dan beberapa bulan lalu ini juga sudah mencuat, jelas bahwa Kiai Said itu tak memiliki silsilah dengan itu. Itu [Ahmad] orang Solo. Kiai [Said] orang Jabar. Jadi itu enggak ketemu. Jaka sembung naik ojek," kata Muqowam di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta, Rabu (3/11).

Sebelumnya, beredar foto Said Aqil yang disandingkan dengan foto Achmad Dasuki Siradj di sejumlah media sosial dan pesan Whatsapp.

Foto yang beredar itu dilengkapi narasi bahwa Said Aqil merupakan anak Achmad Dasuki Siradj yang merupakan anggota fraksi PKI dengan nomor anggota #215.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, Said Aqil Siraj merupakan seorang anak dari pasangan ulama tersohor dari Cirebon, Jawa Barat, Aqil Siradj dan Afifah binti Kyai Harun. Aqil Siradj merupakan pengasuh Pondok Pesantren Kempek Cirebon.

Bila dirunut terus ke belakang, kakek Said Aqil bernama Siradj, seorang ulama yang masih keturunan dari Muhammad Said Gedongan, Cirebon.

Baik ayah dan kakek dari Said Aqil merupakan tokoh dan ulama penting dalam penyebaran Islam di Cirebon lewat metode pesantren.

Muqowam mengatakan kabar hoaks yang menimpa Said itu sudah lama beredar di media sosial.

Ia mengimbau agar warga NU menghindari penyebaran kabar-kabar bohong jelang muktamar. Baik oleh pendukung Said maupun yang lainnya.

Ia menegaskan bahwa NU merupakan organisasi mengedepankan spiritualitas dan etika yang bermartabat.

"Agar muktamar ini sukses dan bermartabat. Bahwa muktamar NU ini mewakili sebuah komunitas yg lekat dengan keagamaan. NU ini dimiliki semua ulama. Semua pihak yang terlibat dan berperan serta kita bersama-sama lakukan ini dengan sportifitas," kata Muqowam.

Said Aqil merupakan tokoh yang akan maju sebagai calon Ketua Umum PBNU dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung, Desember nanti.

Selain Said, nama Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf juga sudah mengumumkan untuk maju sebagai Ketum. [cnnindonesia]



from Konten Islam https://ift.tt/3mDUFQt
via IFTTT
Back to Top