Kenapa Orang Baik Cepat Meninggal? Berikut Penjelasan UAS

Artikel Terbaru Lainnya :

Kenapa Orang Baik Cepat Meninggal? Berikut Penjelasan UAS 

KONTENISLAM.COM - Kematian dan kelahiran sejatinya sudah ditentukan Allah SWT sehingga tak mungkin diubah. Kendati begitu, peristiwa meninggalnya seseorang yang baik dan sholeh di usia muda kerap menimbulkan pertanyaan.

Kenapa orang baik cepat meninggal?

Terkait peristiwa tersebut, Ustaz Abdul Somad (UAS) menjelaskanya dalam channel YouTube TAMAN SURGA.NET. Video penjelasan UAS berjudul Kenapa Orang Baik & Sholeh Lebih Cepat Wafat?

"Kenapa mereka pergi duluan? Karena Allah SWT sayang dengan dia karena itu lebih cepat dia pergi. Sedangkan bagi yang dipanjangkan umurnya, berarti makin lama hidupnya semakin banyak menebarkan manfaat," ujar UAS.

Bagi orang yang berumur panjang sehingga hidup lama di dunia ada beberapa kemungkinan. Misal banyak orang yang tersentuh jika dia berbicara. Artinya, pembicaraan orang tersebut memberi banyak manfaat bagi masyarakat lain.

UAS menjelaskan, dunia sebetulnya adalah tempat ujian bagi hamba Allah SWT. Lamanya ujian di dunia yang diwujudkan dalam umur pendek dan panjang sejatinya sudah ditetapkan Allah SWT di Lauhul Mahfudz. Faktanya, tidak semua orang baik berumur pendek.

"Ada orang baik berumur panjang, misalnya Mbah Moen atau Dr Mahathir Muhammad. Mahathir usianya 96 tahun masih sehat. Mbah Moen meninggal usia 90 tahun," ujar UAS yang menyitir hadits terkait orang yang dianggap Rasulullah SAW terbaik.

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِى بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلاً قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ Dari

Artinya: Abdurrahman bin Abu Bakrah, dari bapaknya mengatakan seorang laki-laki berkata, "Wahai Rasûlullâh, siapakah manusia yang terbaik?" Beliau menjawab, "Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya." Dia bertanya lagi, "Lalu siapakah orang yang terburuk?" Beliau menjawab, "Orang yang berumur panjang dan buruk amalnya." (HR Ahmad).

UAS juga menjelaskan hakikat kematian dan kehidupan dalam Al Quran. Salah satunya yang dijelaskan dalam surat Yunus ayat 49

قُل لَّآ أَمْلِكُ لِنَفْسِى ضَرًّا وَلَا نَفْعًا إِلَّا مَا شَآءَ ٱللَّهُ ۗ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۚ إِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ فَلَا يَسْتَـْٔخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Arab latin: Qul lā amliku linafsī ḍarraw wa lā naf'an illā mā syā`allāh, likulli ummatin ajal, iżā jā`a ajaluhum fa lā yasta`khirụna sā'ataw wa lā yastaqdimụn

Artinya: Katakanlah, "Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan dan tidak (pula) kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah". Tiap-tiap umat mempunyai ajal. Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).

Dengan penjelasan ini, UAS berharap jangan ada lagi yang berpikir orang baik cepat meninggal. Apalagi menunda-nunda taubat atau melaksanakan perbuatan baik agar diberi umur panjang.

"Semua itu sudah ketetapan. Itu yang harus diyakini dan jadi aqidah. Jangan sampai salah berpikir, baca, dengar, amal, hingga akhirnya salah tempat di akhirat," ujar UAS.

Seorang muslim sudah selayaknya selalu melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. Perbuatan ini wajib dilaksanakan tiap saat terlepas dari kematian dan lamanya usia hidup di dunia. [detik]



from Konten Islam https://ift.tt/3dfgFfb
via IFTTT
Back to Top