Prabowo Subianto Mendadak Puji China sebagai Tetangga Ramah Indonesia, Ada Apa?

Artikel Terbaru Lainnya :

Prabowo Subianto Mendadak Puji China sebagai Tetangga Ramah Indonesia, Ada Apa? 

KONTENISLAM.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Menteri Pertahanan Nasional China Wei Fenghe dalam membahas kerja sama kedua negara.

Pertemuan virtual yang terjadi pada Selasa, 30 November 2021 itu membahas peningkatan kerja sama militer kedua negara yang telah terjalin lama.

Baik Prabowo Subianto maupun Wei Fenghe saling memberikan pujian dan mempertegas komitmen dua negara dalam menghadapi situasi geo-politik di kawasan Asia Pasifik.

Di satu kesempatan, Prabowo tak ragu menyebut bahwa China adalah tetangga Indonesia di kala suka maupun duka.

"Indonesia dan China merupakan tetangga yang ramah di kala suka dan duka," kata Prabowo Subianto, dikutip dari laman resmi Kementerian Pertahanan Nasional China (MND).

Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI (Kopassus) itu berharap adanya saling koordinasi antarmiliter kedua negara.

Koordinasi yang dimaksud Prabowo seperti latihan militer gabungan dan pelatihan personel.

Hal itu seperti menjawab netralitas Indonesia yang sebelumnya juga sudah melakukan latihan militer gabungan dengan Amerika Serikat.

Dua kubu yang jadi sorotan saat ini terutama dari konflik antara China dengan Taiwan. Taiwan yang didukung Amerika Serikat berusaha menghadapi tekanan yang diberikan China.

Menanggapi tawaran Prabowo, Wei mengakui bahwa China dan Indonesia telah meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Wei Fenghe mengajak Prabowo untuk menentang hegemoni dan mental Perang Dingin kembali terjadi dalam era modern saat ini.

China dan Indonesia, menurut Wei, juga seharusnya bisa mengatasi persoalan dengan tepat dan menjaga perdamaian di kawasan Asia-Pasifik.

Mengenai persoalan koordinasi, Wei menyatakan kesiapan militer China untuk memperkuat kerja sama dan mempererat jalinan komunikasi dengan militer Indonesia.

Menurut Wei, militer China siap bekerja sama lebih erat lagi dalam penanganan pandemi dan mendorong pengembangan militer lebih lanjut di kedua negara.

Prabowo pun berterima kasih kepada China atas bantuan-bantuan yang diberikan kepada negaranya dalam melawan pandemi COVID-19.

Kedua menhan juga saling bertukar pandangan mengenai situasi domestik, regional, dan internasional yang menjadi perhatian bersama saat ini.

Dalam pertemuan virtual ini juga dihadiri Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun dan Atase Pertahanan Kedutaan Besar RI di Beijing Marsekal Pertama TNI Bayu Hendra Permana. [pikiran-rakyat]



from Konten Islam https://ift.tt/3oeddru
via IFTTT
Back to Top